"SQLNCLI10" for linked server was unable to begin a distributed transaction sql server 2008 in windows 7 Part II

Selamat Pagi, Siang, Sore Dan Malam. Setelah kemaren sempat sedikit memberi ilmu singkat untuk masalah "SQLNCLI10" for linked server was unable to begin a distributed transaction. Baik di windows server 2003 dan windows server 2008. Untuk kali ini saya akan memberikan pemecahan masalah yang sama yaitu : "SQLNCLI10" for linked server was unable to begin a distributed transaction sql server 2008 di windows 7. Hal ini biasanya terjadi kalau kedua komputer server tersebut berada di wilayah yang berbeda. Entah itu kantor cabang dengan pusat atau sebaliknya yang memiliki koneksi internet sendiri. Sehingga setiap cabang atau pusat memiliki koneksi internet sendiri-sendiri, yang mengakibatkan perbedaan IP Publik. Untuk langkah penyelesaian masalahnya hampir sama dengan "SQLNCLI10" for linked server was unable to begin a distributed transaction sql server 2008 Part I. Tetapi pada windows server 2008, yang membedakan hanya seperti berikut :

Jika pada windows server 2008 hanya terdapat Enable XA Transactions (anak panah warna merah), sedangkan di windows 7 terdapat Enable XA Transactions dan Enabled SNA LU 6.2 Transactions (anak panah warna merah dan hijau). Dan jika pada windows server 2008 bagian Enable XA Transactions di centang, maka berlaku sebaliknya untuk windows 7. Hanya Enable SNA LU 6.2 Transactions yang dicentang. Jika sudah di setting seperti gambar di atas, klik OK dan coba insert dari salah satu server yang ada ke server yang lain.

Jika masih belum berhasil, pastikan langkah-langkah berikut ini :
1. Jika Firewall aktif, matikan Firewall terlebih dahulu.
2. Jika Firewall tetap mau diaktifkan, pastikan beri ijin untuk Distribution Transaction Coordinator dengan cara klik centang yang ada di bagian Home/Work dan Public.

Gambar diatas tidak saya centang karena saya lebih memilih untuk opsi yang pertama, yaitu mematikan Firewall.
3. Pastikan ping dari kedua komputer berjalan dengan baik. Jika tidak bisa, anda bisa menambahkan hosts di kedua komputer. Ada banyak cara untuk menambahkan host.
a. Anda bisa menambahkan dengan cara membuka port pada router anda.
b. Anda bisa menggunakan IP dari logmein. Jika tidak memilikinya bisa download disini
seperti gambar berikut :

untuk setiap IP yang ditambahkan bisa dikasih nama sesuai kebutuhan anda. Urut dibawah localhost. Kemudian save dan coba ping nama server yang sudah ditambahkan lewat host tadi.

Sekian Ilmu yand dapat saya bagi, semoga bermanfaat. Klik iklan yang ada jika berkenan.

Tuhan Yesus Memberkati.

Comments

My Channel