Fix Error Sql Server "SQLNCLI10" for linked server was unable to begin a distributed transaction

Selamat Pagi, untuk pagi ini saya akan mencoba membagi ilmu tentang bagaimana cara mengatasi error Sql Server "SQLNCLI10" for linked server was unable to begin a distributed transaction. Biasanya error ini muncul ketika kita ingin memasukkan (insert) data kedalam tabel di salah satu database yang berbeda server atau nama komputernya. Berikut cara yang dapat anda ikuti dan saya yakin akan bekerja untuk mengatasi masalah Sql Server "SQLNCLI10" for linked server was unable to begin a distributed transaction.

1. Pastikan Distribute Transaction Coordinator sudah aktif, jika belum aktif bisa diaktifkan dulu dengan cara klik (logo windows + R) dengan bersamaan. Kemudian ketik services.msc lalu klik OK. Disini akan terdapat banyak service yang ada di dalam windows, baik itu service yang aktif maupun tidak aktif. Cari Distribute Transaction Coordinator, jika statusnya sudah started berarti sudah aktif. Jika belum aktif dapat diaktifkan dengan cara klik kanan start.
2. Jika Semua langkah pertama sudah beres. Kita bisa langsung ke langkah kedua yaitu : Klik Start -> administrative tools -> Component Service. Akan muncul tampilan seperti berikut :

Doubel Klik pada Computers. Akan jadi seperti berikut :

Klik Kanan di My Computer dan pilih properties. Pilih Tab MSTDC, klik pada bagian Security Configuration.

Jika sudah muncul menu form baru, pastikan settingannya seperti gambar berikut :

Jika sudah seperti ini, tinggal klik OK dan silahkan dicoba untuk insert data ke beda alamat server atau nama komputer. Langkah diatas berlaku untuk windows server 2003. Untuk windows server 2008, bisa dilihat dibawah ini.
1. Langkah pertama sama dengan langkah pertama untuk windows server 2003.
2. Langkah kedua juga hampir sama, yang membedakan saat setting security configuration. Jika di windows server 2003 pilih tab MSTDC dan klik pada security Configuration. Kalau di windows server 2008 Doubel Klik di My Computer, pilih Distributed Transaction Coordinator, Klik kanan Local DTC dan pilih properties, seperti gambar berikut :

Kemudian pilih tab security dan setting seperti gambar berikut ini :

Kemudian pilih OK. Hasil Tester saya.

Sekian ilmu yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat, jika berkenan silahkan klik salah satu iklan yang ada.

Jika anda menggunakan Windows 7 ikut langkah berikut ini :
"SQLNCLI10" for linked server was unable to begin a distributed transaction sql server 2008 in windows 7 Part II

Tuhan Yesus Memberkati.

Comments

My Channel