Kirim Pesan Lewat Jaringan Dengan Aplikasi LAN Messenger Part II

Ini Adalah kelanjutan dari postingan sebelumnya yang berjudul :

Kirim Pesan Lewat Jaringan Dengan Aplikasi LAN Messenger

Dari postingan tersebut kita sudah bisa berkirim pesan dengan semua komputer yang sudah terinstall aplikasi LAN Messenger yang ada di kantor kita. Disini saya akan melanjutkan postingan yang bertujuan untuk bagaimana cara kirim pesan dengan aplikasi LAN Messenger tapi dengan IP Publik yang berbeda. Kita akan mulai konfigurasi aplikasi LOG ME IN, jika anda belum memilikinya. Silahkan Download disini.
Jika sudah didownload, silahkan install aplikasi logmein di komputer anda. Maka akan muncul tampilan seperti berikut :
 
Kemudian Klik Logo yang ada tanda panah warna merah. Setelah anda klik, maka anda akan diminta memberi nama logmein anda. Disini nama log me in saya adalah "ELIA TKPN PUSAT". Setelah itu selesai, maka akan ada pilihan untuk membuat group atau join group. Jika anda seorang admin IT. Disarankan untuk membuat group, kemudian anda akan diminta untuk memberi nama group dan password group yang akan digunakan komputer lain untuk join ke group logmein yang anda buat.
Jika sudah selesai membuat group dan menjoinkan salah satu komputer ke daftar group log me in anda. Maka akan muncul seperti ini :
 
Yang saya beri warna merah adalah salah satu group yang saya buat, yang saya beri warna hijau adalah nama komputer yang join ke group yang saya buat. Setelah ini selesai, kita akan mulai konfigurasi LAN Messenger supaya bisa kirim pesan ke komputer yang memiliki ip public yang berbeda jaringan yang ada di tempat kita.
Klik kanan pada logmein komputer yang join ke logmein yang telah kita buat tadi, kemudian pilih copy IPv4 address dan paste ke aplikasi LAN Messenger (buka aplikasi LAN Messenger, pilih tools dan klik pada network. IP yang di copy tadi paste di broadcast address dan pilih add dan pilih ok. Maka secara otomatis LAN Messenger yang ada di jaringan yang berbeda akan masuk ke list daftar LAN Messenger kita.
Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Tuhan Yesus Memberkati.

Comments

  1. Kalau saya punya 2 network dan sudah terhubung dg tunel mikrotik apa yg mesti dilakukan agar user2 LAN Messenger juga bisa saling berhubungan ?? terutama masalah terjadi pada komputer yg gk pakai koneksi internet ?? padahal kalau ping ke nwtwork yg berbeda sudah saling bisa ! Saya sudah coab masukkan alamat IP ke broadcast address list tapi masih belum bisa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk itu, saya rasa tidak bisa. Karena saya juga sudah pernah mencoba dan tidak bisa. Tetapi bisa diakali dengan aplikasi logmein. Kalau agan bisa menggunakan mikrotik dasar, pasti agan bisa setting ip komputer tersebut hanya bisa akses port logmein saja. Kalau agan tidak tahu, ini portnya 443. Jika agan kurang mengerti caranya, mungkin bisa koment balik.
      thx sudah berkunjung

      Delete
  2. Gan sy mesti install logmein ini ke komputer lain jg yah yg ada mesengernya agar dapat konek..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, tetapi itu untuk yang beda ip publiknya. Kalau satu ip publik tidak perlu install logmein. LAN Messenger akan mencari sendiri komputer mana aja yang menggunakan LAN Messenger.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  3. Bopup Messenger is another LAN Messenger tool but it works through it's communication server but allows to communicate over Internet too including messaging over LAN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, it free ?

      But now i use openfire to communication over internet or LAN. Can use too mobile

      Delete
  4. gan, kalau di lan messenger tidak muncul beberapa akun itu kenapa yah? tolong bantuannya

    satu lagi, salah satu teman saya ada yang lannya tidak bisa dibuka itu kira" kenapa?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah cba test ping untuk akun yang tidak muncul ?

      Kalau tidak bisa dibuka.
      Coba dicek di task manager dl.
      Kadang di task manager ada proses tapi aplikasinya enggak jalan. Di end task aja trus buka lagi lan messengernya. Pasti bisa.

      Jika sudah ditest ping dan enggak ada masalah dijaringan. Coba refresh kontak aja

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. maaf, cara merefresh kontak gimana yah?

    dan untuk yang nggak bisa dibuka itu sudah dicoba, sudah di reinstall juga tapi tetap nggak bisa, apa ada masalah dg laptopnya?

    *(kami menggunakan wlan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak salah diklik dibagian group kontak atas ada anak panah kebawah. Nanti ada refresh. Kalau enggak salah bisa pake f5 juga.
      Hehe

      Maklum sudah agak lupa. Sudah lama enggak pake itu.
      Hehe

      Kalau untuk pakai wlan ataupun kabel. Sebenarnya tidak masalah. Selama satu group, semisal sama-sama workgroup.
      Check untuk firewallnya aja, apakah untun aplikasi lan messenger sudah diallow untuk all network group.

      Delete
    2. Kalau untuk yang tidak bisa walaupun sudah diinstall ulang. Coba cek task manager seperti yang saya bilang sebelumnya. Atau mungkin bisa tester pakai yang portable dulu.
      Kalau masih tidak bisa. Coba check untuk tipe os nya berapa bit. Mungkin bisa disesuaikan.

      Delete
  7. okay akan saya coba, terima kasih banyak atas bantuannya

    maaf mengganggu malam" gini :))

    ReplyDelete
  8. maaf mengganggu lagi, saat saya coba net view tadi ada beberapa nama komputer yang tidak muncul padahal mereka sudah terhubung di lan

    apa ada error pada laptop saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dicek untuk group networknya dulu.
      kalau group networknya sudah sama. Coba cek firewall dilaptopnya. Apakah ada firewall yang blok untuk discover networknya. Coba test ping juga untuk komp atau laptop yang tidak muncul saat di net view.

      Delete
  9. Replies
    1. Secara desain dan penggunakan sudah sangat simple dan mudah dipahami. Fasilitas juga sudah komplet.

      Yang menjadi kekurangan adalah aplikasi ini berbayar, sedangkan untuk LAN Messenger 100% free.

      Delete
  10. Gan klo solusi ane, di jaringan kantor saya yg setiap kebun nya beda segmen. ane pake u/ servernya open fire, u/ aplikasi client nya ane pake spark. Klo mau tanya2 bisa ke email saya gan u/ info lebih lengkapnya hendraretno1@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih untuk informasinya, saya juga sudah pernah menggunakan aplikasi tersebut.

      Sudah pernah saya publish juga di blok ini.
      hehe

      Delete

Post a Comment

My Channel