Sharing Scan Di Jaringan LAN

Pernah ditanya dengan atasan anda bagaimana caranya sharing scan ?
Jika pernah, sama seperti yang saya alami.
Mungkin atasan anda juga bilang, kalau memang tidak bisa sharing scan di jaringan. Pasti akan ditanya kenapa penyebabnya, ada kemungkinan anda akan jawab memang scan tidak bisa untuk di share. Kemudian atasan anda akan menjawab lagi, kamu harus bisa membuat bagaimana caranya scanner dapat dishare ke komputer lain. Mungkin jawaban itu sedikit lucu, tetapi itu membuat saya mencoba mencari diinternet bagaimana cara sharing scan dijaringan.  Dan akhirnya saya mendapatkan aplikasi tambahan yang bisa di katakan mudah untuk penggunaannya dan saya juga sudah mencobanya dan berhasil. Berawal dari itu, catatan kecil blog ini terbuat. 
Dari aplikasi yang saya dapatkan, saya mendapatkan aplikasi remotescan dan blindscanner. Dari kedua aplikasi tersebut, saya rasa blindscanner yang lebih gampang digunakan. Karena saat saya menggunakan aplikasi remotescan, saya kurang berhasil. Tidak tahu saya yang kurang paham, atau emang aplikasinya tidak support untuk windows 7 dan photoshop cs6. Banyak blog saya baca mereka rata-rata berhasil tetapi dengan photoshop cs3. 
Dari kedua aplikasi ini, cara kerjanya sama, yaitu dengan menginstall aplikasi versi server untuk komputer yang terpasang scanner (komputer server). Dan versi client untuk komputer client.

Jika anda ingin mendapatkan kedua aplikasi ini, anda dapat mendownloadnya lewat link dibawah ini.

MediaFire :

Ziddu :

4Share :

Berikut tampilan blindscanner 
 
Pilih tombol seperti berikut untuk menambahkan server yang terpasang scan. Maka scan akan otomatis terisi sesuai denga tipe scan yang terdapat di komputer server (terpasang scan).

Comments

  1. gan, ini pakenya dari pc client apa server?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di server dan client di install semua, itu 1 master untuk server dan client. Tinggal di install sesuai kebutuhan komputer server dan clientnya.

      Delete
  2. blind scanner nya trial.. ada yg full version gak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg trial blind scanner yg sisi mana ?
      server atau client ?
      saya sdh pke dari agustus 2013 smpe sekarang blom pernah ada notifikasi kalau trial, ^_^

      Delete
  3. gan gue uda pake aplikasi itu, tapi sering terjadi masalah.
    sering muncul pesan seperti ini "Connection Closed Gracefully"
    terkadang lancar2 aja sih scanya.

    pernah ngalami hal seperti itu gak gan ?!!!
    balas ke email saya ya zulfahri.89@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk masalah seperti itu, saya belum pernah mengalaminya. Saat muncul "Connection Closed Gracefully" untuk ping ke server scannya bermasalah g ?
      ada kemungkinan itu terjadi di koneksinya, atau bisa juga scannya lagi hank sebentar. Kalau untuk scan hank, saya pernah ngalami. Tinggal cabut kabel scannya trus pasang lagi, itu untuk scannya yang model baru, yang sudah g pake adaptor.

      Delete
  4. gan ane mau nanya itu ip yg di masukin ip kompi yg udah ke instal driver printernya atau kompi yg konek di sharing gini gan. ane tadi nyoba masukin ip kompi yg udah instal drivernya kok ga kebaca2 nama printer ane gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini aplikasi untuk sharing scan gan, bukan sharing printer. Kalau sharing printer tinggal klik logo windows+r trus ketik \\[nama komputer/IP yang mempunyai printer yang dishare]. Trus kalau sudah buka, tinggal klik kanan di printernya trus pilih connect.

      Kalau untuk sharing scan jika IP komputer yang sudah install scan tidak kedetek nama scannya. Pastiin dulu service aplikasi scannya sudah aktif di komputer server yang diinstall scannya.

      Delete
  5. kalau scaner nya dari printer mp237 bisa gk?
    thanks sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama driver scannya sudah ke install, bisa gan. Yang penting pastiin scannya sdh terinstall drivernya dan bsa scan lewat software bawaanya.

      Delete
  6. Trial mulu setelah scanning sekian puluh lembar .. help me pleease

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake blind scan versi 3. Bisa lihat di alamat ini : http://indonesiamumet.blogspot.com/2014/06/sharing-scan-di-jaringan-ii.html

      Delete
  7. gan, hasil scannya di client atau di server?

    ReplyDelete
  8. gan apa hasil scan bisa di PC client?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil scan memang berada di PC client, sesuai folder destination dan format.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  9. mas ... saya sudah masukin key nya ... kok invalid ya ?? mohon bantuannya dong ... kalau tidak berkeberatan boleh saya minta serial key nya via email di aa_ican@yahoo.com ??? ... terima kasih sebelumnya mas ... moga jadi amal jariyah ... aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bisa menggunakan blind scanner v 3.18.
      berikut linknya : https://indonesiamumet.blogspot.co.id/2014/06/sharing-scan-di-jaringan-ii.html

      semoga bisa membantu

      Delete
    2. Sudah tidak aktiff bloggnya Tolonglah Saya.

      Delete
    3. masih aktif, tolong bagaimana ya ?

      Delete
  10. mas ini bedain tampilan user am client gmn? setingannya di user am client sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksudnya user sama client gmn ya ?

      user yang terhubung langsung dengan scannya ?
      kalau iya
      user yang punya scan tidak perlu menggunakan aplikasi ini.

      ini hanya digunakan untuk user yg tidak terhubungan dengan scan secara langsung tetapi menggunakan jaringan.

      Delete
    2. Lalu yg di jadikan blindscanner server di pc client

      Delete
    3. jadi, kalau untuk pc yang ada scannernya. Yang diinstall blindscanner server.

      kalau untuk pc yang mau konek scan lewat jaringan, installnya blindscanner client.

      semoga bisa menjawab

      Delete
  11. Replies
    1. mungkin ada, coba dicari saja. Karena saya enggak pernah pegang linux.

      Delete
  12. Replies
    1. mungkin ada, coba dicari saja. Karena saya enggak pernah pegang linux.

      Delete
  13. di Versi blind scanner v 3.18. ini tidak ada Menu IP Address, gimana untuk bisa sharing

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya yang tidak muncul disisi client apa servernya ?

      kalau di sisi server, memang tidak ada menu ip address, ngikutnya langsung ip address komputer. Kalau disisi client, install yang untuk client.
      nanti ada menu untuk menambahkan ip address servernya, supaya bisa scan lewat jaringan.

      semoga bisa membantu

      Delete
  14. aplikasinya berbayar yah? jadi tiap scan, keluar tulisan ditengah-tengah file yang discan, tulisannya "Unregistered BlindScanner version"

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul

      untuk aplikasi sharing scan, saya belum menemukan yang free.

      Delete
  15. Mas, utk PC yg terinstall printer dgn USB harus download blindscanner?
    Saya saat install blindscanner TDK bisa terinstall

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk sharing printer, tidak harus download blindscanner.

      kalau printernya ada fasilitas scan, harus install blindscanner yang versi server. Supaya bisa diakses dari blindscanner yang client.

      semoga bisa membantu

      Delete
    2. Tipe printernya hp1536 ada scannernya,apakah bisa di pc client menggunakan scannernya tanpa apk tambahan,karna selalu gagal saat instal blindscanner dan apk tidak mau di buka

      Delete
    3. kalau saya liat untuk printer tersebut sudah bisa konek jaringan, saran saya untuk client yang lain koneksi menggunakan jaringan saja.

      pengalaman saya menggunakan printer HP M227fdn, jika kita connect menggunakan jaringan. setiap komputer client yang terhubung dengan jaringan, bisa printer dan scan lewat jaringan. Untuk cara penggunaan scannya bisa langsung click kanan dibagian printernya trus pilih scan.

      Delete
  16. waw, alhamdulilah, terimakasih panduannya lengkap banget

    ReplyDelete
  17. can't communicate with server. check your server and network connections, pas mau nyecan kaya gitu, apa harus di instal juga pc servernya?mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, di server n client harus diinstall softwarenya sesuai kebutuhannya

      Delete
  18. Udah masukin ip server ko ga muncul ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari client ping ke server scanner apakah bisa ?

      sama test sharing foldernya

      Delete

Post a Comment

My Channel