Cara Setting Port Forwading modem speedy HG8245A

Selamat Malam,

Setelah kemaren malam sempat membuat postingan tentang Cara Copy Lagu Atau Foto dari komputer ke Iphone . 
Pada Malam hari ini saya akan memberi tahu tentang bagaimana Cara Setting Port Forwading modem speedy HG8245A. Karena dari kemaren ada yang komen-komen ke blog

Username dan Password modem speedy HG8245A

dan bertanya tentang bagaimana cara setting port forwarding dari modem speedy HG8245A. Dan karena adanya banyak kesibukan dan baru mencoba untuk setting port forwading pada malam hari ini. Akhirnya ketemu saya bisa membagi ilmu yang saya dapatkan sendiri untuk dibagikan ke agan-agan sekalian. Untuk langkah pertama, pastikan agan mempunyai modem yang saya sebutkan diatas. ^_^.

Untuk langkah yang kedua dan seterusnya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.
2. Login ke modem HG8245A agan dengan password yang sudah agan ganti untuk user rootnya. Jika tidak tahu caranya, bisa dilihat kesini :Username dan Password modem speedy HG8245A
3. Setelah berhasil login, silahkan buka menu forward rules, seperti gambar dibawah ini :
4. Setelah pilih new, akan muncul tampilan seperti berikut ini :
untuk gambar yang saya lingkari dengan warna merah (host address), akan muncul otomatis saat agan memilih point no. 3.

5. Jika sudah di klik apply, akan muncul seperti gambar dibawah ini.

6. Kemudian pilih, Port Mapping Configuration dan pilih new seperti gambah dibawah ini.

7. Isi seperti berikut, untuk gambar yang saya lingkari dengan warna merah adalah port dimana terdapat komputer ditempat kita yang akan di buka portnya. Disini saya contohkan dengan port : 3389. Dimana port ini adalah port untuk remote dekstop komputer, jadi semua komputer pasti ada port ini.
Sedangkan untuk gambar yang saya lingkari dengan warna hijau adalah port yang akan kita akses dari luar. Disini saya juga mengisinya dengan port 3389 supaya mudah mengingatnya. 
Untuk lingkaran warna biru yang ada pada gambar, akan muncul otomatis saat agan menjalankan point no. 5.

Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini jika sudah melakukan point no 6.

Setelah semua langkah sudah dijalankan, sekarang saat untuk memastikan apakah port yang dibuka sudah bisa terbuka atau belum. Untuk mengeceknya, kita tinggal membuka web yougetsignal.com. Kemudian masukan port tadi. Jika munculnya port 3389 is open, itu menandakan bahwa kita telah berhasil mencobanya.

Untuk gambar yang saya lingkari dengan warna merah adalah modem saya, untuk gambar yang saya lingkari dengan warna hijau adalah blog dimana saya membuat blog ini.

Sekian ilmu yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Tuhan Yesus Memberkati.

Comments

  1. mas saya teknisi cctv, mau nanya
    cara setting ddns yg bener gmn ya ?
    soal nya setiap mati lampu / modem nya mati, ip nya ke reset trus ..
    mohon petunjuk nya ya mas terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama koneksinya pakai modem speedy, ip publik pasti akan terus berganti jika modemnya mati. Mungkin bisa menggunakan ddns gratisan seperti myq-see.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
    2. belum di coba sihh.. ane coba nih gan nanti

      Delete
    3. Daftar ddns.net saja gratis.Nanti Install Client untuk dynamic IP nya jadi kalau ip rubah karena lease dhcp berakhir masih tetap bisa akses karena berdasarkan nama domain.Tetapi setiap 30 hari harus konfirmasi supaya nama domainnya tidak dihapus.Biasanya sebelum expire ada pemberitahuan via email.Daftar di noip.com

      Delete
    4. terima kasih masukannya. Semoga membantu yang lain.

      kalau ada computer client yang selalu konek ke jaringan yang sama, memang lebih gampangnya pakai ddns dan pasang di client.

      yang jadi masalah kalau hanya digunakan untuk cctv yang langsung terhubung ke dvr model lama yang belum support ddns. mungkin perlu dipikirkan lagi.
      hehehe

      Delete
  2. saya coba petunjuk diatas, tapi masih gagal. apakah untuk point no.5 harus diinput dahulu dibagian menu yang lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bales, liburan jarang buka blog hehehehe.

      Untuk yang sudah dilakukan di point 5, apakah sudah muncul list yang dibuat tadi ?

      Jika sudah muncul, pastikan enable dmz dicentang.

      Jika masih tidak bisa, coba pastikan dulu firewall di komputernya tidak bermasalah. Mungkin portnya diblok sama firewallnya.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  3. Tolong dijelaskan dulu dong, port forwarding di sini ini fungsinya buat apa. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, di google sudah banyak yang menjelaskan tentang port forwading. Tetapi kalau agan belum tahu, akan saya jelaskan menurut bahasa saya. hehehehe

      Port forwarding bertujuan untuk melakukan akses ke suatu ip jaringan lokal dengan ip publik yang berbeda dari ip publik yang akan mengakses.

      Contoh ada jaringan A dengan IP publik 111.111.111.111 memiliki client ip 192.168.1.1.
      Kemudian ada jaringan B dengan IP publik 222.222.222.222 dengan ip komputer 192.168.2.1 ingin mengakses ke client dari jaringan A tadi (ip 192.168.1.1). Disinilah fungsi dari port forwading.

      Semoga menjawab pertanyaannya.

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih close, berarti port tersebut belum terbuka. Ini bisa terjadi 2 sebab. Yang pertama mungkin harus dipastikan settingan di modem sudah benar. Jika settingan modem sudah benar, sekarang tinggal mengecek port di ip komputer yang dituju di port forwarding. Coba matikan firewall komputer yang dituju port forwarding, pastikan juga ping ke ip modem bisa reply.

      Untuk check port di komputer, mungkin bisa browsing di senior google. Bagaiman cara check port lewat telnet di komputer.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
    2. untuk start port dan end port apa memang harus sama gan?
      misal kalau port-nya 27015-27020 (server game) bagaimana gan?

      Delete
    3. Jika ip komputer tujuan port forwardingnya beda, lebih baiknya untuk start port dan end portnya harus sama. Tetapi jika ip komputer untuk port forwardingnya sama. Bisa menggunakan range tersebut.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  5. mas mau tanya itu kan 192.XXXXXX,
    |kok nyoba di yougetsignal.cm kok beda ipnya??
    saya newbie banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ip 192.xxxxxxxx itu ip jaringan lokal gan, sedangkan kalau check di yougetsignal.com itu yang muncul ip publik dimana kita dapat akses inetnya.

      Jadi intinya kalau agan konek ke sesama komputer di satu jaringan lokal. Sudah pasti menggunakan ip lokal seperti 192.xxx. Tetapi jika agan koneksi dengan komputer yang ada di tempat lain, pasti akan menggunakan ip publik atau vpn.

      Semoga bisa menjawab.
      Klik iklannya jika berkenan. ^_^

      Delete
  6. hello mas Elia,

    mas mau nanya, port forwarding ini bisa di gabungkan dengan menu Network Aplication > USB Aplication tidak ya?
    mohon pencerahannya ya mas :)

    Terima Kasih Sebelumnya
    Regards,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya lihat, USB Network aplication itu untuk ftp. Mungkin saja bisa, tinggal port dalamnya dikasih akses ke port 21 dan ipnya ke ip modem jika langsung menggunakan USB.

      Tetapi saran saya, jika memang ingin menggunakan sharing file dengan ftp. Lebih baik menggunakan filezilla, settinganya lebih gampang dan security juga bisa diatur sesukanya. Setiap user bisa dikasih akses berbeda.

      Semoga bisa menjawab.
      Silahkan klik iklan yang ada jika berkenan.

      Delete
  7. Mas mau nanya
    Kenapa pas di DMZ itu pake INTER_R_VID tapi pas port forwarding pake VOIP_INTERNET_R_VID ?
    Apa bedanya ya mas
    Makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk pasti perbedaannya apa, saya juga kurang tahu gan. Tetapi saat saya coba samakan pakai voip_internet_r_vid. Port forwarding yang saya pakai tidak bisa open. Setelah saya setting seperti yang saya buat, portnya langsung ke buka.

      Semoga bisa menjawab. ^_^

      Delete
  8. Mas, kalau untuk forwarding portd DVR gimana ya caranya jika pakai Modem Huawei HG8245A, kebetulan saya pakai DVR Avtech.
    Sudah saya ikuti seperti tutorial diatas tetap gak mau, kalau pakai modem ZTE indihome mudah settingya Mas, kalau pakai modem ini yang saya belum bisa.
    Tolong bantuannya ya Mas.
    Terimakasih sebelumnya Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. DVRnya sudah bisa di ping dari komputer biasa pak ?
      kalau sudah bisa di ping, sudah coba direstart modemnya belum ya ?

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
    2. Ping udah OK Mas, diakses dari local juga udah OK.

      Cuma ketika kita akses dari internet / WAN gak mau dia Mas.
      Atau kira2 ada settingan yang harus di tambahkan ya??
      Terimakasih Mas.

      Delete
    3. sudah coba cek portnya di http://www.yougetsignal.com/tools/open-ports/. Statusnya open atau close pak ?

      Semoga menjawab

      Delete
    4. Kalau Saya cek dari http://www.yougetsignal.com/tools/open-ports/ melalui PC, status port nya Close Mas.
      Kira kira apa ya kesalahannya ?

      Terimakasih Mas.

      Delete
    5. Kalau di test menggunakan ip lokal dengan port yang sama yang mau di pake lewat ip publik sama apa tidak ?

      Kalau sama, kalau dari network lokal bisa. Untuk dvr nya ada settingan ip. subnet dan gatewaynya g ?

      Kalau ada, dipastikan untuk settingan gatewaynya sudah benar. Karena kalau tidak ada setingan gateway, saya tidak tahu apakah bisa berjalan atau tidak.

      Tetapi kalau untuk menggunakan port forwarding, ip lokal yang dituju harus bisa internet.

      Semoga menjawab.

      Delete
    6. sama Mas, ada settingan subnet dan gateway juga sudah saya setting semua Mas, soalnya sudah sering setting DVR untuk di onlinekan cuma rata-rata menggunakan ONT indihome yang ZTE bukan huawei Mas.
      yang huawei baru kali ini dan sampai sekarang belum bisa.
      Terimakasih banyak Mas, sudah mau merespon pertanyaan saya.

      Delete
    7. sudah coba restart modemnya ?

      Coba direstart dulu kalau belum. ^_^

      Mungkin untuk settingan DMZ tidak perlu disetting, karena setahu saya, beberapa dvr tidak membutuhkan settingan DMZ di modemnya.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
    8. Sudah direstart berkali kali Mas :), MDZ di setting dan tanpa setting juga masih sama masalahnya.
      Firewall modem juga sudah aku setting ke disable dan coba ke Low.
      Lumayan pening juga ini Mas, hehehe...

      Delete
    9. Wah, komplek juga nich masalahnya. hehehe
      Tetapi untuk setting forwarding di modem ini emang agak susah.
      ^_^

      Bisa di kasih print screen untuk settingan DMZ ataupun port forwadingnya ?

      Delete
    10. Persoalannya ini sama dengan yang saya alami, 2 hari yg lalu sempat bisa connect. tp pas akhir akhir ini tiba tiba gk bisa connect ke server. mohon bantuannya ?

      Delete
    11. Berarti forwardnya sudah sempet bisa ya.
      Coba check untuk koneksi lokal dan port lokalnya dulu.
      Kalau tidak ada masalah. Harusnya restart modem aja sudah bisa.

      Kalau agan pakai domain, dicoba pakai ip publik langsung saja. Buat ngetes dulu.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  9. Mas cara mengetahui portnya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud agan bagaimana ?

      apakah cara mengetahui port aplikasi tertentu ?

      Jika iya, setiap aplikasi biasanya di memiliki port tersendiri. Ada yang bisa dicek di settingan aplikasinya, ada yang tidak. Kalau mau mengetahui port aplikasi, mungkin bisa cari ke mbah google aj. Hehehehe

      Kalau untuk port browser biasanya port 80. Tetapi jika yang agan maksud adalah port yang diakses dari luar, itu terserah kita mau memberi port berapa.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
    2. Kalau tidak salah, ada aplikasi untuk mencari port-port yang dipakai di komputer tersebut. Silahkan di cari gi mbah google dan dicoba. ^_^

      Delete
  10. huawei hg8245A emang bikin mumet
    kepala rasanya mau pecah
    cuman port forwarding aja minta ampunnnnnnnnnnnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, ini memang lebih baik digunakan untuk rumahan gan. Kalau untuk perusahaan g recomended gan. Kecuali di sambung dengan mikrotik. ^_^

      saya juga sempat pusing.
      hahahaha

      Delete
  11. kalok di gunakan untuk xampp gimana mas ??
    dan jika provider saya bukan speedy apa berpengaruh ??

    maaf masih sedikit awam masalah jaringan

    ReplyDelete
    Replies
    1. g masalah gan, sama aja.

      memang providernya apa ?
      kok sampai menggunakan modem ini, biasanya kalaupun providernya lain tetapi menggunakan modem ini. Setahu saya, providernya kerja sama menggunakan jaringan FOnya speedy. Jika memang seperti yang saya bilang, agan tidak perlu mengganti settingan modemnya. Biasanya semua sudah diambil alih oleh mikrotik. Tinggal setting dimikrotiknya aja.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
    2. provider MN*C mas kalok kerja samanya saya kurang tahu tapi kalok tiang sama FOnya kayaknya mereka punya sendiri
      saya juga baru dapat kabar dari pihak mereka kalo Port Forwading di haruskan menyewa IP Publick seharga 150k + ambil paket tertentu -_- susah dah

      Delete
    3. wah, setahu saya kalau MNC atau my republic. Itu untuk mendapatkan IP publik ada biaya tambahan. Kalau enggak dapat ip publik, ga akan pernah bisa pake port forwarding.

      Delete
    4. kalok menurut agan dengan masalah yang saya hadapi ada engak cara lain ?

      Delete
    5. kalau untuk cara lain buat port forwarding sudah pasti enggak bisa. Karena port forwarding membutuhkan ip publik.
      Mungkin agan bisa tambah biaya untuk ip publiknya.
      Atau lebih bagus lagi pake ISP yang murni jualan internet.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
    6. eto maaf gan saya sambung lagi pertanyaan saya
      semisal untuk mengakali masalah IP Publik saya menggunakan vpn dari server yang bisa saya kontrol sendiri
      mungkin tidak cara ini di gunakan ?

      maaf kalau terlalu maksa :p

      Delete
    7. Kalau mau menggunakan VPN bisa saja gan, tetapi yang perlu diingat adalah setiap user mau mengakses situs yang agan buat. Pertama harus connect ke VPN yang telah agan buat, supaya mendapatkan akses ip lokal.

      Kalau menurut saya, yang jadi kendala dikemudian hari adalah bisa jadi orang lain bisa mengetahui IP Komputer servernya, kalau disettingan servernya tidak dibuat alias atau vpnnya dibuat 1 class ip yang sama.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
    8. wah makasih gan infonya saya coba dulu dah
      mumpung kebutuhannya cuma buat skripsi :p

      Delete
    9. sipz", senang bisa membantu.
      Semoga skripsinya mendapat nilai bagus. ^_^

      Delete
  12. apa di port di langsung di isi 8080 kah ? jika di xampp

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, menyesuaikan aja port xampp yang dipakai di aplikasi xampp berapa. Dan ingin diakses dari luar network kita menggunakan port berapa.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  13. gan ane punya router sama (HG8425A) langganan speedy indihome. dan saya telah mengikuti contoh di atas tapi waktu saya check di yougetsignal.com. portnya closed.solusi supaya opened gmn gan ??posisi saya pake kali linux skrng gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah coba test port lewat jaringan local gan ?

      kalau sudah, bisa dicoba restart modem dulu.
      Kalau untuk windows, kemungkinan ke blok di firewall. Kalau linux, maaf kurang menguasai.
      heheh

      Semoga bisa membantu.

      Delete
    2. kalok di linux kayaknya ada perintahnya sendiri dari linuxnya bisa set domain juga kayaknya

      Delete
    3. Mungkin agan bisa test dulu untuk buka aplikasi yang berhubungan dengan port forwarding yang dimaksud melalui jaringan lokal.

      Kalau untuk di windows cara pengecekan portnya masuk ke telnet windows. Kemudian bisa dengan cara ketik ip space portnya.

      Contoh : 192.168.1.1 3398

      Kalau lewat mikrotik system telnet 192.168.1.1 3398

      Kalau untuk linux belum pernah mencoba.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  14. gan salam kenal..Sya baru pasang internet indihome modem HG8245A, mau tanya?cara seting modem ke mikrotik,saya mau coba koneksi 3 komputer.?Terimakasi sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk setting modem speedy ke mikrotik, saya juga belum pernah configurasi gan. Akan saya carikan referensinya.

      setahu saya add di interface mikrotik, terus pilih PPOE Client. Kemudian isi username dan password speedynya. Untuk di modem speedynya dibuat bridge. Tetapi saya belum pernah mencoba sendiri.

      Tolong infonya juga kalau agan sudah berhasil.
      hehehe

      Delete
  15. mas boleh nanya itu kalo
    saya membuat game trus pakek cara itu apakah bisa mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya mau buat server game sendiri ?

      bisa aja gan, tetapi saran saya di server gamenya diinstall aplikasi semacam my-see ddns client atau dyndns atau laiinya. Karena IP publik speedy sering berubah. Nanti tinggal alamat server disettingan clientnya diisi alamat my-see atau dyndns atau lainnya.

      Tetapi untuk setting port forward tetap harus aktif terlebih dahulu.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Solusi paling gampang, modem huaweinya di brigde aja, trus kasi 1 router d link ato tp link, setting port,dns, dll di routerny itu lebih gampang. Di modem huawei ini emg agak ribet open port nya, dan klo pun sudah open, klo mati lampu, ip publikny brubah, dns ga mw update otomatis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. solusi seperti itu juga bisa kalau memang mau invest alat lagi.
      Itu memang jauh lebih gampang,
      hehehe

      kalau untuk ip public akan selalu berubah setiap modem mati.

      Delete
    2. Klo selain itu bisa di seting update otomatis ga?
      Mohon pencerahanya

      Delete
    3. Kalau untuk update otomatis ip publiknya. Di modemnya harus di setting untuk ddnsnya. Tetapi agan harus berlangganan ddns yang support sama modem ini.

      Kalau mau cari ddns yang gratis juga ada. Tetapi harus sedia 1 pc yang aktif untuk update ip publiknya.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
    4. Klo begitu ada setingan biar bisa dns nya update otomatis ga?

      Delete
  18. Mas mau tanya, kalau ingin tau time display di HG8245A lewat mana ya? Soalnya saya butuh untuk aplikasi timer di modul lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yang dimaksud apakah time untuk modemnya ?

      Nanti akan saya cek lagi saat dirumah.

      Delete
    2. Ya mas time untuk modemnya.
      sekalian tanya, sebenernya saya masih belum berhasil untuk port forwarding, topologinya begini : internet - HG8245A - HG553 - client, saya sudah daftar free host ddns via nopi.com namun alamat host saya masih belum bisa digunakan secara "public", saya masih harus terhubung dengan wifi yg dipancarkan HG553, dan saat mengakses alamat host ddnsnya, saya dialihkan pada halaman login HG8245A.
      Mohon arahan mas, apa yg harus diperbaiki.
      terimakasih.

      Delete
    3. Untuk settingan time bisa masuk ke system tools dan menu sebelah kiri time setting. Kemudian centang automatically synchronize network time server. Tinggal menyesuaikan timenya mau ngikut yang mana.

      untuk internetnya ikut modem HG8245A atau HG553 ?

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
    4. Oke mas, nanti saya coba cek lewat menu itu.
      Untuk internetnya dari modem HG8245A mas, apakah caranya sama seperti artike ini? karena saya masih bingung kalau diterapkan untuk 2 router.
      Mohon arahannya Mas.

      Delete
    5. Jika memang internet didapat dari modem HG8245A dan tidak ada mikrotik yang menghandel koneksi internetnya. Mau menggunakan router sebanyak apapun tidak masalah gan, settingan tetap harus di modem HG8245A.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  19. mas saya mau tanya...pertama apakah yang mas buat itu setingan untuk cctv atau bisa yang lain?....kalau kita udah seting online di modem dan seting di dvr, apa yang kita perlukan?...apakah ddns itu ?....fungsinya untuk apa?...apakah berbayar atau gratisan...sementara itu aja...maaf terlalu banyak nanya untuk nambah ilmu aja mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bisa untuk lainnya juga, yang saya tunjukan adalah untuk remote dekstop.

      Kalau yang diperlukan apa, yang pasti adalah port yang dituju di IP yang bersangkutan. Entah itu Komp, DVR atau lainnya harus open port.

      DDNS itu sendiri digunakan untuk automatic update ip public internet yang kita meliki. Berhubung menggunakan speedy, biasanya setiap modemnya mati dan nyala kembali. IP publicnya akan berganti. Jadi nanti yang kita tuju dari luar network bukan lagi IP Public yang kita miliki, melainkan domain DDNS yang sudah kita setting di salah satu komputer yang terhubung dengan network lokal.

      DDNS ada yang berbayar ada yang gratis, kalau saya menggunakan myq-see.com. Itu ddns gratis.

      semoga bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan.

      Delete
  20. mas saya mau tanya...pertama apakah yang mas buat itu setingan untuk cctv atau bisa yang lain?....kalau kita udah seting online di modem dan seting di dvr, apa yang kita perlukan?...apakah ddns itu ?....fungsinya untuk apa?...apakah berbayar atau gratisan...sementara itu aja...maaf terlalu banyak nanya untuk nambah ilmu aja mas....

    ReplyDelete
  21. mas saya mau tanya...pertama apakah yang mas buat itu setingan untuk cctv atau bisa yang lain?....kalau kita udah seting online di modem dan seting di dvr, apa yang kita perlukan?...apakah ddns itu ?....fungsinya untuk apa?...apakah berbayar atau gratisan...sementara itu aja...maaf terlalu banyak nanya untuk nambah ilmu aja mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bisa untuk lainnya juga, yang saya tunjukan adalah untuk remote dekstop.

      Kalau yang diperlukan apa, yang pasti adalah port yang dituju di IP yang bersangkutan. Entah itu Komp, DVR atau lainnya harus open port.

      DDNS itu sendiri digunakan untuk automatic update ip public internet yang kita meliki. Berhubung menggunakan speedy, biasanya setiap modemnya mati dan nyala kembali. IP publicnya akan berganti. Jadi nanti yang kita tuju dari luar network bukan lagi IP Public yang kita miliki, melainkan domain DDNS yang sudah kita setting di salah satu komputer yang terhubung dengan network lokal.

      DDNS ada yang berbayar ada yang gratis, kalau saya menggunakan myq-see.com. Itu ddns gratis.

      semoga bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan.

      Delete
  22. salam ,,, mas saya mau nanya ,saya punya modem usb dengan kartu xl dan saya punya router prolink untuk menshare jaringan ke pc ..nah modem usb tsb saya colok ke router prolink agar jaringannya ke share di pc kemudian saya masuk di pengaturan untuk memforward ip lokal ke public dengan membuka port 80 ... tapi pada saat di cek yougetsignal.com ,, portnya masih close ,, apakah isp selular ngak bisa forward port ataukah modem usb yang ngak bisa forward port ,,, makasih sebelumnya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam juga mz'.
      Ini yang dimaksud masuk ke pengaturan itu di pengaturan modem apa prolink yang untuk share internet ya ?

      Kalau disetting di prolinknya, sudah pasti tidak bisa. Karena port forwarding harus di setting di sumber internet itu berada. Kalau kasus ini harusnya disetting di modemnya.

      Kalau setahu saya, untuk menggunakan no gsm ataupun cdma. Tidak ada fasilitas untuk forwarding. Dan di modem usb tidak ada settingan untuk itu.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
    2. Ooo gtu ya mas .. brrti emang harus berlangganan yah di telkom agar bisa forward ... klo modem usb gak ada settingan untk forward ...

      Rencana saya mau jadikan arduino sebagai web server . Tpi ipnya lokal dan harus dikenali oleh ip publik .. nah ternyata modem usb gak bisa di setting .. makasih mas atas jawabnnya

      Delete
    3. kalau digunakan untuk web server suatu perusahaan, lebih baik menggunakan ISP untuk corporate selain telkom indihome. Karena jika menggunakan telkom yang bukan corporate, akan mendapatkan ip publik yang dynamis. Kalau ISP dan telkom corporate, akan mendapatkan ip publik statik.

      Senang bisa membantu.

      Delete
  23. mas saya mau nanya cara setting ftp server dan client nya bagaimana ya ??
    mohon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini maksudnya setting FTP, di modemnya atau pakai aplikasi lain ?

      Kalau saya sarankan pakai filezilla aj, itu free dan gampang banget settingnya.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  24. mas cara setinng ftp client dan sever di huawei hg8245a nya bagaimana ya ??
    mohon bantuan nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk setting FTP di modemnya, saya belum pernah.

      Kalau saya sarankan pakai filezilla aja, itu free dan gampang banget settingnya. Karena untuk FTP client pasti akan membutuhkan IP publik atau domain yang statik. Jika dynamic seperti indihome. Lebih baik pakai filezilla. Sama-sama menggunakan IP publik atau domain, tetapi secara settingan lebih gampang pakai filezilla.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  25. Halo gan, ini saya sudah coba setting port mapping sama dmz nya tapi oas di cek di yougetsignal katanya closed
    Sudah dicoba dengan port lain masih tutup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk portnya yang adan setting berapa ya ?

      Apakah portnya itu juga sudah open di IP yang dituju ?

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
    2. saya mencobanya dengan port 80, 25565, 27000, 3389 dan seterusnya tapi masih sama hasilnya, closed

      Delete
    3. Kalau untuk port 80 adalah port web, apakah IP yang dituju sudah ada web server seperti appserv, xampp dan lain-lain. Dan sudah dipastikan untuk port itu sudah bisa diakses dari jaringan lokal ?

      Kalau untuk 3389 adalah port remote dekstop, untuk ip yang dituju harus sudah disetting remote dekstopnya.

      untuk port yang lain untuk apa ya ?
      hehe

      Delete
    4. kalau port 25565 untuk menjalankan server game minecraft
      tapi masih closed

      Delete
    5. Apakah sudah dicoba untuk test koneksi lokal untuk port tersebut open apa tidak ?

      Mungkin bisa melalui game yang sama yang di jalankan dijaringan network. Atau bisa menggunakan telnet bawaan windows, atau yang laiinya.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  26. Saya Sudah Mencoba Port Forward Huawei HG8245A
    TCP DAN UDP Sudah
    Port Benar
    R VID Dan INTERNET VOID DUA DUANYA SUDAH
    WINDOWS Firewall Sudah
    Allow Connection
    Tapi Kok masih gagal ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. port yang diforward berapa ya ?

      allow connection untuk inboun dan outbondnya ?

      sudah coba test untuk koneksi lokalnya ?

      cek port lewat telnet dan sebagainya.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  27. permisi saya mau nanya mas
    kalau mau akses 192.168.1.1 yang terkena ip filtering gimana? karena saya memfilter semua ip addres di warnet saya

    ReplyDelete
  28. permisi saya mau nanya ni mas
    di warnet saya memfilter semua ip address dari modem router
    jadi saya ga bisa membuka ip modem 192.168.1.1
    solusinya gimana ya?
    mohon petunjuknya mas
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. modemnya apa mz' ?

      yang dimaksud di blok ini, apakah satu class IP 192.168.1.0/24 di blok semua supaya tidak bisa akses atau bagaimana ?

      Delete
  29. modemnya huawei HG8245A
    semua ip, saya baru belajar soalnya mas, termasuk ip gateway modemnya jadi ga bisa masuk ke settingan modemnya di 192.168.1.1

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah coba menggunakan ip static ?

      karena jika yang disetting adalah wan on access di disable, maka dengan ip statik masih bisa.

      semoga bisa menjawab.

      Delete
  30. modemnya huawei HG8245A
    satu class ip kelas c
    saya blok dari 192.168.1.0 sampai 192.168.1.254
    saya baru belajar soalnya mas
    default gateway modemnya 192.168.1.1 ikut keblokir jadi ga bisa masuk ke setingan modemnya.
    mohon bantuannya mas
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau satu kelas IP, coba aja subnetnya salah satu komputer menggunakan subnet 255.255.254.0, kemudian IPnya menggunakan 192.168.0.x. gateway tetap 192.168.1.1.

      semoga bisa membantu.

      Delete
  31. Lengkap banget tutorialnya Mas, tapi agak kurang paham saya memasukkan external port pada modem ini, contohnya saya ingin agar port 40100 - 43400 dan 8000 - 10000 harus dibuka, cara isi ke modemnya gimana mas agar port tersebut bisa diakses? (Port yg saya tulis itu adalah Port Game Online Counter Strike Online Indonesia, PT Megaxus) terima kasih mas atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk range port yang begitu banyak dan digunakan untuk game tanpa merubah port di game. Agan bisa membuat 2 port forwadring, yang pertama adalah untuk range internal dan external port. Untuk start internal ataupun externalnya bisa diisi 40100, sedangkan untuk end port internal ataupun externalnya diisi 43400. Dan diarahkan ke IP yang menjadi tujuan server game.

      Untuk forward yang kedua caranya sama hanya untuk start port diganti menjadi 8000, sedangkan untuk end portnya menjadi 10000.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
    2. Terima kasih banyak sekali mas.... work 100% semoga makin sukses terus kedepan. ijin share ya Mas.... ulasannya sangat bermanfaat. terima kasih

      Delete
    3. Silahkan kalau mau dishare.

      Senang bisa membantu. Semoga sukses juga untuk game onlinenya.

      Delete
  32. terimaksih mas
    saya mau cek
    smoga bisa

    ReplyDelete
  33. mas mau tanya, port usb di huawei hg8245a fungsinya buat apa ya? trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya cuman untuk update firmwarenya.

      semoga menjawab.

      Delete
  34. mas mau tanya, fungsi port usb nya untuk apa ya? trs modem ini apakah support untuk modem usb 3g?trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya cuman untuk update firmwarenya. Atau mungkin untuk ftp juga, tetapi belum pernah ngoprek sampe situ. hehehe

      semoga menjawab.

      Delete
  35. Salam
    Bos bos q, ada yg bisa cara setting modem huawei indihome untuk 2 dvr avtech cloud eazy networking di modem yg sama kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dvr nya membutuhkan setting dmz di modem ga gan ?

      Kalau tidak butuh, dmz bisa tidak dipakai dan langsung dicoba ke setting forward berikutnya. Tetapi kalau butuh, tidak bisa forward 2 ip yang berbeda. Karena dmz cuman bisa 1 IP saja.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  36. Salam
    Bos bos q, ada yg bisa cara setting modem huawei indihome untuk 2 dvr avtech cloud eazy networking di modem yg sama kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dvrnya butuh dmz, tidak bisa. Tetapi kalau tidak harus ada settingan dmz. Harusnya bisa.

      Tinggal menambah 2 settingan port forwardingnya.

      Maaf kalau lama responnya.

      Delete
  37. Gan, saya uda baca sampai habis. Masala saya port tidak terbuka setelah ikutin semua pentunjuk dari comment. Sampai skrg masih blm ada solusi buat modem hauwei hg8245a untuk setting cctv?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di test di jaringan lokalnya dan sudah bisa diakses untuk port yang dimaksud ?

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  38. Gan, saya uda baca sampai habis. Masala saya port tidak terbuka setelah ikutin semua pentunjuk dari comment. Sampai skrg masih blm ada solusi buat modem hauwei hg8245a untuk setting cctv?

    ReplyDelete
  39. Gan, saya uda baca habis dan ikutin cara2 yg di comment. Masala saya masih tetap port tidak terbuka. Sampai skrg masih blm ada solusi buat setting cctv di modem hauwei hg8245?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah perlu dmz diaktifkan ?

      Mungkin bisa dicoba dimatikan.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  40. mas nanya nih, kan saya ada modem sama seperti masnya hg8245a. Nah, modem saya itu saya sambungkan ke 2 repeater mas, jadi istilahnya buat range extender gitu, katanya sih kalo wifi pake huaweinya jadi nggak stabil gitu. nah ini kan saya mau coba bikin server game yang pake port 25565, pas saya ikuti tutor2 mas nya itu kok tetep gabisa ya? di portforward checker nya juga masih closed.
    mohon bantuannya,

    ReplyDelete
  41. mas nanya nih, kan saya ada modem sama seperti masnya hg8245a. Nah, modem saya itu saya sambungkan ke 2 repeater mas, jadi istilahnya buat range extender gitu, katanya sih kalo wifi pake huaweinya jadi nggak stabil gitu. nah ini kan saya mau coba bikin server game yang pake port 25565, pas saya ikuti tutor2 mas nya itu kok tetep gabisa ya? di portforward checker nya juga masih closed.
    mohon bantuannya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yang agan setting di modemnya apa di wifi repeaternya ?

      Apakah sudah dipastikan kalau server gamenya bisa diakses ke jaringan lokal ?

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  42. misi mas, saya kan ada modem huawei hg82456a indihome persis seperti yang di tutor, nah, itu saya sambungkan ke 2 repeater mas, terus ini saya mau bikin server game, nah menggunakan port 25565, pas saya ikuti tutor dari masnya diatas tetep gabisa itu kenapa ya? masih closed di portcheckernya. mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
  43. gan mau tanya ... utk modem HG8245H dari my rep kan portnya tidak bisa portforward, firewallnya aja di disable (krn pakai firmware lama) kalau saya bridge WANnya mati yah ? padahal LAN portnya sudah konek betul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau modem saya bukan dari my rep, tapi indihome. Kalau agan pakai my rep, setahu saya g dapat ip publik. Kalau mau dapat ip publik harus bayar or ganti paket yang ad ip publiknya.

      Semoga menjawab.

      Delete
  44. sebenarnya bukan masalah IP yg dari ISP berganti2 terus asal si router/user tetap mengupdate ip yg baru (auto update via dydns) atau ada info dimana saya bisa mendapatkan firmware dari HG8245H ? sy sudah googling kemana tdk dapat ..yg saat ini digunakan myrep V3R013C00S106 - yg dibuthkan V3R013C00S108 (atau lebih)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dulu saya pernah dapat penawaran juga dari my rep. Kalau yang paket inet biasa itu bukan dapat ip publik yang sering berubah. Tapi itu adalah share ip dari ispnya supaya ditempat agan dapat akses inet dll.

      Tetapi kalau nambah biaya untuk ip publik. Dapat ip publik statik. Hehe

      Kalau untuk firmwarenya, saya juga belum pernah mencari.

      Maaf kalau mungkin info yang saya tahu beda.

      Delete
  45. gan elia .. saya ada problem yang saya mau open port cctv , biasa pakai port http yaiu 80 . tapi portnya selalu di clouse kalo boleh tolong share utuk cara forwading dengan cctv (dvr)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau port http 80 yang di dvr sudah bisa di buka pakai jaringan lokal ?

      Delete
  46. Gan itu nomor 5 diisi ip DVR ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ip lokal yang akan dituju dari ip publik.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  47. mas saya sudah berhasil buka port di modem huawei ini dan cctv bisa di akses di jaringan lain, tapi setelah saya restar modem nya kok port nya kembali ke tutup dan setelah saya setting ulang port nya tidak bisa ke buka lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi sudah pernah berhasil ya . . .

      apakah ip untuk cctvnya ada perubahan ?

      jika tidak ada, apakah saat agan coba akses ke cctv tersebut menggunakan ip publik lama ?
      jika benar, coba cek lagi untuk ip publiknya. Karena biasanya speedy akan berubah ip publiknya setelah modemnya mati.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  48. mas saya sudah berhasil buka port di modem huawei ini dan cctv bisa di akses di jaringan lain, tapi setelah saya restar modem nya kok port nya kembali ke tutup dan setelah saya setting ulang port nya tidak bisa ke buka lagi

    ReplyDelete
  49. pakai ip public yg baru, tapi port nya ketutup lagi di setting ulang pun port nya masih ditutup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba direstart lagi modemnya.
      Hehe

      Harusnya direstart tidak ada masalah sama sekali.

      Delete
  50. port forwading di pakai utk buat server game , bisa gan??? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja, check aja koment" yang sebelumnya. Sudah ada yang bisa buat server game.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  51. Port Forwading modem huawei digunakan utk buat server game, bisa gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja, check aja koment" yang sebelumnya. Sudah ada yang bisa buat server game.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  52. Mas, kalo gagal port forwarding tp port 22,23,53,80 statusnya open kalo di cek. Itu kenapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di cek di situs yougetsignal.com statusnya open. Coba restart modemnya terlebih dahulu.

      Coba cek disettingan aplikasinya juga untuk portnya.
      Jangan lupa matikan firewall terlebih dahulu.
      Semoga bisa menjawab

      Delete
  53. Mas, port forwarding apakah sama artinya dengan virtual server di router tp link, port apa saja yang harus di buka di huawei selain 3389

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja,

      kalau untuk port apa aja yang harus dibuka, tergantung kebutuhan dari kamu.

      semoga bisa membantu.

      Delete
  54. makasih mas udah reply, saya cuma mau buka 1 port sofware accounting aja, apa harus buka port yang lain, apa cukup buka port software nya aja. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, software accuntingnya sendiri mau diakses client server yang beda lokasi ?

      kalau iya, coba dicek dulu aplikasi tersebut menggunakan database apa dan membutuhkan port berapa saja.

      tapi apa enggak berat kalau akses langsung ke beda network kalau aplikasinya dekstop. hehe

      Delete
  55. Mas saya mau tanya cara Setting Port Forwading tanpa router bisa gak soalnya internet dari hp android

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak bisa mz',
      karena kalau koneksi dari hp tidak memiliki IP Publik. Sedangkan untuk port forward pasti memerlukan IP Publik. Semoga bisa menjawab.

      Delete
  56. mas mau tanya, saya sedang mencoba connect remote ms sql server dan di langkah*nya ada port forwardingnya, bisa minta step*nya soalnya masih newbie saya
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf sebelumnya, tidak bisa membuatkan tutorialnya dari awal. Karena sudah tidak berlangganan speedy.Tetapi untuk caranya sama saja, tinggal portnya diganti menjadi port 1433.

      tetapi perlu diingat juga, di settingan mssqlnya juga harus dibikin alias. supaya lebih gampang. hehe

      semoga bisa menjawab.

      Delete
  57. halo gan, mau tanya ini emang kalo setiap mati lampu dan modem mati, ip modem nya berubah ya ?

    jadi saya kebetulan suka nge game dan game ini butuh ip forwarding .
    nah pertanyaan saya bisa nggk kalo modem ini di setting ip nya jadi kalo mati lampu ip nya nggk berubah dan saya gak harus setting port forward nya manual ? misal untuk komputer saya ip nya saya set 192.168.1.23
    jadi tiap mati lampu ip untuk komputer saya ya itu terus. soal nya capek gan kalo tiap mati lampu harus setting ulang lagi.

    btw nice artikel gan, thanks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk modem ini sendiri, saya belum tahu apakah bisa received IP yang permanen. Tetapi mungkin bisa menggunakan lama durasi di settingan dhcpnya.

      Kalau tidak salah, settingan standart di modem untuk ip dhcp adalah 2 jam. Itu tinggal diganti menjadi 3 hari atau 1 minggu atau sesuai keinginan. Dan tergantung max hari atau jam yang ada di modem tersebut.

      Jadi semisal diganti menjadi 2 hari, walapun modem mati selama 1 hari, kemudian komp konek lagi. Menurut saya IP tidak akan berganti.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  58. mau tanya,apa semua LAN port nya bisa untuk port Forwarding,karena saya nyoba hanya berhasil di LAN port 3 saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya bisa semua mas, dipastikan dulu untuk ether port di modemnya fungsi semua. Karena biasanya ether port di modem yang tidak digunakan menurut pihak teknisi indihome. Port tersebut di disable, dan ada ether port yang disetting untuk TV indihomenya. Jadi memang tidak bisa untuk port yang di khususkan untuk TV indihomenya.

      semoga bisa menjawab.

      Delete
  59. Mas mau tanya, saya kan punya NAS dirumah pakai Dlink DNS-320L, dan saya pakai ip-dynamic.com yang kerjasama dengan Indihome, saat ini saya hanya set di modem DMZ nya saja diisi pakai IP NAS. Kalau saya mau tambah NAS lagi bagaimana ya? Jadi NAS pertama pakai 192.168.1.1 dan berhasil, lalu NAS kedua 192.168.1.1 apakah perlu setting port lagi? Saya coba gagal terus. Terima kasih dan berkah dalem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang perlu diperhatikan adalah dalam satu jaringan tidak boleh ada 1 ip yang sama. Karena nanti akan menyebabkan IP Conflict dan port forwarding tidak berjalan seperti seharusnya.

      Kalau untuk menambahkan port forwading, dengan ip yang baru memang harus menambahkan port forwading baru.
      Kalau untuk DMZ, tidak semua port forwading membutuhkan DMZ, karena tergantung dari server tujuan port forwadingnya.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
    2. Mohon maaf salah tulis, maksudnya memang 192.168.1.1 dan NAS berikutnya 192.168.1.2

      Jadi ada 2 NAS yang jadi server ftp. Sekarang ip dynamic saya buat 2 host untuk membedakan, nasftp1 dan nasftp2, ip publik nya sama. Membagi nya di router bagaimana agar masing masing server bisa di akses publik? Terima kasih.

      Delete
    3. jika memang ip hostnya sudah beda, supaya bisa diakses 2 host tersebut. Yang dibedakan hanya port dan ip host yang dimaksud. Sedangkan untuk port tujuan masih sama.

      yang saya maksud port adalah port yang diakses dari ip public.
      jadi semisal ip public nya 1.1.1.1. Kemudian port yang diakses dari ip public adalah 80 untuk host 1. Sedangkan untuk host ke 2 menggunakan port 8008.

      jadi saat akses dari ip public jika ingin mengakses host 1, dengan cara 1.1.1.1:80. Sedangkan untuk mengakses host 2, dengan cara 1.1.1.1:8008.

      untuk port luar terserah mau dikasih berapa.

      Semoga bisa menjawab.
      maaf kalau penjelasannya mungkin susah dipahami.
      hehe

      Delete
    4. Logikanya bisa dipahami, implementasinya yang kadang sudah benar tapi sistem tetap ngadat hahaha. Oke saya coba otak atik portnya dulu, terima kasih atas penjelasannya, kalau gagal lagi saya share disini.

      Delete
  60. Mas punya saya kok cuma bisa diakses dalam 1 jaringan wifi, klo pake jaringan internet/seluler gk bisa.
    itu kenapa mas?

    trmksh sblmny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah cona cek status port forwadingnya di situs yougetsignal.com ?

      Kalau disitu statusnya masih close. Sudah pasti tidak bisa diakses dari internet lain atau jaringan hp.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
    2. sudah mas, status open
      port 80
      tpi diakses pake jaringan luar gk mau ....

      Delete
    3. apakah firewall sudah di disable semua ?

      Delete
  61. selamat siang mas admin yang kece,
    saya mau tanya mas mengenai port forwarding
    saya membutuhkannya untuk cctv
    kasusnya begini :
    saya menggunakan modem ZTE F609, saya sudah konfigurasi semuanya dan berhasil konek, tapi permasalahannya keesokannya tidak konek lagi, saya coba cek portnya ternyata port tertutup. saya menggunakan port 80 untuk online cctv.
    setelah itu saya restart modemnya dan berhasil kembali, setelah itu lagi tidak konek kembali, saya cek port lagi dan port tertutup.
    saya ingin bertanya,
    1. adakah port yang pas untuk cctv online? apakah port 80 bentrok atau kenapa? firewall modem sudah saya disable
    2. saya menggunakan ddns noip.com dan saya sudah aktifkan dynamic update client, jikan modem mati kan otomatis ip public berubah, maka dengan dynamic update client ini akan update otomatis, pertanyaannya apakah komputer yang saya aktifkan dynamic update client ini harus online(nyala) terus 24 jam?

    terimakasih admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat sore untuk anda yang juga kece. ^_^

      saya akan coba menjawab setiap point yang di tanyakan.
      1. untuk cctv sendiri tidak ada port tertentu, bisa menggunakan port berapapun yang disupport dengan aplikasi cctv atau perangkat cctvnya.
      Kalau untuk bentrok apa tidaknya, jika di tempat cctv juga terdapat server webbasenya. Bisa jadi bentrok dengan aplikasi webbasenya, karena standart aplikasi webbase adalah port 80.
      Jika tidak ada server atau program apapun entah itu webbase atau client server yang bisa diakses dari tempat lain, harusnya tidak mungkin bentrok.

      2. kalau sudah menggunakan dynamic update client di salah satu komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut. Kalau mau cctv itu bisa diakses 24 jam, memang komputer yang di install update client harus nyala 24jam. Karena kita tidak tahu kapan ip public kita berganti.
      Kecuali agan menggunakan ddns yang support dan bisa langsung di setting di modemnya. Itu sudah bisa langsung support 24jam selama modem menyala. Sekarang beberapa modem sudah ada yang bisa langsung support ddns.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
    2. Sama ini mas, bisa dijelaskan tidak kenapa sih port yang udah kita daftarkan di modemnya awalnya terbuka tapi keesokannya tertutup? Kenapa tidak terbuka terus?
      Sebenernya masalahnya dimananya ya? Sampe port tertutup, kasus modem ztef609

      Delete
    3. kalau memang koneksi antara modem dengan tujuan ip lokal di port forwading tidak terputus. Harusnya port tersebut selalu terbuka.

      beberapa penyebab port forwading tertutup yang saya tahu antara lain adalah :
      1. Jika ip public yang digunakan adalah dynamic, mungkin sudah ganti ip baru.
      2. Koneksi antara modem dan tujuan port forwarding terputus. Bisa firewall komputer yang block port tersebut ataupun antivirus.
      3. Port yang digunakan konflik dengan port lain di komputer tujuan. Jadi semisal tujuan port adalah port 80 mengarah ke ip x.x.x.x ternyata di komputer tersebut terdapat beberapa aplikasi yang menggunakan port 80 juga.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  62. mas..saa sudah mendapatkan ddns krna ip public saya sifatnya dynamic, saya juga sudah mengikuti arahan mas di port fowardingnya dan sdah cek di yougetsignal klo port nya sdah kebuka, tetapi pada saat saya akses ke browser di hp saya muncul peringatan this site cant be reached..saya mau komputer file server sy yang os nya linux ubuntu bisa dikases dari luar..mohon pencerehannya yah mas..trims sebelumnya GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini menggunakan port brp ya ?

      trus yang dimaksud file server ini nanti diakses lewat web atau gmn ?

      Delete
  63. Mas mau nanya, saya tidak berhasil melakukan port forwarding, port nya tetap saja tertutup setelah di cek di yougetsignal, padahal firewall sudah di disable dan settingan sudah mengikuti tutorial. Kemudian saya bertanya ke salah seorang teknisi, kata nya beli saja ddns resmi indihome ip-dynamic.com. Yang saya mau tanyakan, bukankah ddns hanya membuat agar perubahan ip modem selalu di update ke alamat ddns nya. Jika pengaturan port forwarding nya saja saya tidak berhasil membuka, apakah dengan membeli paket ddns indihome itu port nya jadi bisa terbuka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini yang dimaksud firewall di komputernya yang di disable ya ?

      kalau iya, coba di cek kalau di akses dari jaringan lokal bisa atau tidak. Kalau tidak bisa, ada kemungkinan portnya yang masih di blok sama komputer itu. Jika bisa, coba restart modemnya.

      Kalau ddns indihome memang hanya membantu update ip dynamic kita, tetapi tidak membantu port forwading bisa berjalan.

      semoga bisa membantu

      Delete
    2. Kalau di cek dari jaringan lokal maksud nya di ping ip publik nya atau ip lokal nya ya mas?
      Kalau saya coba memping dengan komputer itu sendiri ke ip publik nya,kadang dapat balasan,kadang RTO
      Tapi kalau memping dari komputer lain belum di coba

      Delete
    3. port dan ip lokal yang akan di forwading supaya bisa diakses dari internet, dicoba terlebih dahulu dengan jaringan lokal. Dipastikan terlebih dahulu program atau aplikasi yang akan di forwading sudah bisa diakses dijaringan lokal.

      Delete
    4. Oya mas,tiba2 berhasil,tp aneh,saya setting membuka port 8080, tapi yg terbuka malah port 80. Dan setelah di akses via web browser malah masuk ke halaman admin modem. Dan port 8080 tetap tidak bisa di akses

      Delete
    5. kalau di cek dijaringan lokal ip komp : 8080 sudah bisa akses ya ?

      Delete
  64. Mau menambahkan saja, jika masih gagal membuka port dengan cara yang dijelaskan di atas, maka yang perlu dilakukan adalah membuka dari Status/User Device Information nah di situ ada peralatan kita yang terhubung, tinggal pilih dan di sebelah kanan ada pilihan: Details, Share Access (Delete), dan Network Application. Nah pilih Network Application nanti ada pilihan Port Mapping. Klik deh, tinggal isi port yang mau dibuka seperti di atas.

    Sukses dengan cara ini.
    Terima kasih atas insight-nya.

    ReplyDelete
  65. halo mas, saya ingin bertanya
    Saya ingin port forward game minecraft (25565), saya sudah set port forward di routernya HG8245A, tetapi ketika dicek dari yougetsignal tetap aja tertulis closed (saya ceknya waktu server minecraftnya jalan). Saya juga sudah coba disable firewall juga tetap tertulis closed. Bagaimana ini mas? Mohon bantuannya, terima kasih :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga,

      sudah coba di jaringan lokal untuk game minercraftnya ?

      Delete

Post a Comment

My Channel