Kalibrasi Printer Dot Matrik LQ 2180

Printer Epson LQ 2180 memiliki kemampuan yang sangat cocok buat perkantoran. Selain dapat menggunakan dua mode cetak, yaitu dari atas dan bawah. Printer ini juga jarang sekali mengalami kerusakan.

  • Berikut adalah beberapa masalah yang pernah saya hadapi dengan printer Epson LQ 2180 :
  1. Saat mencetak data, tiba-tiba muncul angka, huruf, atau simbol-simbol yang tidak sesuai dengan apa yang kita cetak. Dan tidak pernah berhenti mencetak seperti itu, walaupun sudah dimatikan berulang kali dan melepaskan kabel power printer, tetapi tetap tidak bisa berhenti. Biasanya ini disebabkan karena kabel LPTnya sudah tidak bagus. 
1. Matikan printer dan ganti kabel Printer tersebut dengan yang baru. Nyalakan printer dan coba cetak file.
2. Jika masih error, pasang 1 lembar kertas. Matikan printer, tekan tombol LF kemudian nyalakan printer. (tombol LF jangan di lepas sebelum printer menyala). Kemudian printer akan mencetak secara otomatis, biarkan sampai selesai mencetak. Kalau sudah selesai, matikan printer dan nyalakan lagi. Kemudian dicoba dengan mencetak file.
.'. selamat mencoba .'. "Semoga berhasil"

2. Garis Vertikal tidak lurus.
Ini di sebabkan karena kalibrasi printer tidak sesuai, sehingga mengakibatkan hasil garis vertikal tidak lurus. Berikut beberapa cara yang mungkin perlu anda coba :
  • Matikan printer.
  • Pasang kertas minimal 5 Sheet.
  • Tekan tombol Pause dan nyalakan printer (jangan lepas tombol pause sebelum printer mulai mencetak secara otomatis).
  • Perhatikan step-step yang dicetak oleh printer.
  • Printer akan mencetak beberapa garis dengan judul Draft. Perhatikan garis-garis yang dicetak dan pilih yang terbaik dengan cara menekan tombol Pitch sesuai dengan hasil yang paling lurus. Kemudian tekan tombol Font dan printer akan mencetak beberapa garis-garis lagi dengan judul Draft Copy.
  • Perhatikan lagi garis yang dicetak dan pilih yang paling lurus dengan cara yang sama pada step sebelumnya. Jika sudah, tekan tombol Font lagi dan printer akan mencetak beberapa garis lagi dengan judul LQ.
  • Perhatikan garis-garis tersebut dan pilih yang paling lurus. Jika sudah, tekan tombol Font lagi. Matikan printer dan nyalakan lagi.
.*. Selamat mencoba, semoga berhasil .*.

Di atas adalah beberapa masalah yang pernah saya hadapi saat menggunakan Printer Epson LQ 2180. Semoga dapat membantu.

---------------------------------------------Semoga Bermanfaat-------------------------------------------

Comments

  1. mau tnya mas bro sya pny printer lq 2190 pada waktu ngeprint pakek kertas continuous,jarak spasi antara kertas berbeda jadi kertas 1-2 dan 3 tidak sama jaraknya tambah kebawah hasil prinnya. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu setiap ngeprint dari program apapun seperti itu atau hanya program tertentu ?

      bisa jadi sensore kertas yang dari bawah masalah.
      tetapi mungkin bisa dicoba cara ini terlebih dahulu.
      1. nyalakan printer
      2. pencet tombol pause sampe lampu indikator pausenya menyala kedip-kedip.
      3. tekan tombol load atau ff untuk setting awal pertama cetakan. Setiap pencet load atau ff, kertas akan naik atau turun sekitar 1mm.

      Semoga membantu.

      Delete
  2. mau tanya mas, setiap cetak continue trus ada muncul kode "284.4 @EBL" dikiri atas, jadi untuk hal selanjutnya diberi spasi, bagaimana cara menghilangkan kode tersebut agar tidak ke print

    ReplyDelete
    Replies
    1. Driver printer yang dipasang sama dengan printer yang digunakan ga ?

      Karena itu biasa terjadi kalau driver printernya 2190 tetapi cetak ke printer 2180 atau sebaliknya.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  3. Saya pakai Epson LQ 1170, kenapa hasil print yg seharusnya itu adalah garis berubah menjadi huruf M dll ?
    bagaimana cara mengatasinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yang dimaksud hanya garis yang berubah menjadi M, atau setelah cetak garis. Semua cetakan selanjutnya menjadi huruf acak ?

      Delete
  4. Saya baru pakai Epson LQ 1170, tetapi hasil print yang seharusnya adalah garis berubah menjadi huruf2, bagaimana cara mengembalikan settingan atau memperbaikinya ?
    harap bantuannya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau setelah cetak garis, semua tulisan menjadi huruf-huruf tidak jelas. Mungkin bisa dicoba untuk dikurangi kecepatan printnya terlebih dahulu.

      Kalau sudah paling rendah tetap seperti itu. Bisa jadi kabel headnya yang bermasalah.
      Semoga bisa menjawab

      Delete
  5. Mau nanya om" printer LQ2180 klau pake win7 seting printernya yg pas pake yg apa ya? Ngeprint di ms word.
    Klau pake seting 136/80 grafik ngeprintnya lama dan klau garis nantinya pas garis itu jd sobek, klau yg bukan grafik hasil print yg atas tdk sesuai. Mohon bantuannya?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya tidak pernah setting di pengaturan MS Word ataupun aplikasi yang lain. Saya hanya menggunakan settingan bawaan printer.

      Biasanya kalau kertas atau pita sering sobek pas cetak garis, itu diakibatkan karena jarak jarum dengan pita yang terlalu dekat. Silahkan dibuka penutup printernya, kemudian lihat bagian kanan ada angka dari -1 sampai 7 dan ada semacam tuas yang bisa digerakkan. Tuas itu yang digunakan untuk mensetting pengaturan posisi jarum headnya.

      -1 adalah jarak terdekat jarum head dengan pita. 7 jarak terjauh dengan pita. Silahkan dimundurin saja sesuai tebal kertas continous yang digunakan.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  6. halo saya pake printer lq21080 sy pake kertas continous nah hasil setiap kertas ga pas setiap kertas selalu naik hasil nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo

      berarti setiap hal selalu naik berapa milimeter ya
      dari page 1, 2, dst

      sudah coba dilakukan calibrasi seperti langkah yang saya buat ini ?

      Delete

Post a Comment

My Channel