Setting Kabel LAN pada jaringan

Sebagai seorang IT pemula yang tidak begitu memperhatikan hal detail saat pemasangan kabel jaringan. Saat IT senior meminta kita untuk membuatkan kabel LAN, mungkin kita hanya membuat sesuai dengan apa yang pernah kita pelajari dulu saat di kuliah atau di kursus tanpa memperhatikan kabel itu mau dipasang untuk menghubungkan antara komputer ke HUB/SWICTH/ROUTER atau malah untuk digunakan antara komputer ke komputer. Ketika kita sudah membuatnya dan menyelesaikannya dan memberikannya kepada IT senior kita, mungkin ada pertanyaan yang spontan oleh IT senior kita "apakah yang kabel kita buat itu benar untuk menghubungkan antara HUB/SWITCH/ROUTER ke sebuah komputer ?".
Mungkin setelah muncul pertanyaan itu dan kita berjalan kembali ke tempat duduk kita. Kita akan berfikir apakah kabel yang kita buat tadi benar atau tidak. Tetapi santai saja, saya juga pernah mengalaminya. Di sini saya akan sedikit membagikan beberapa ilmu yang saya ketahui, walaupun mungkin sudah banyak yang memposting hal seperti ini. Tetapi mungkin ini bisa menguatkan atau menambah tentang referensi yang anda punya mengenai bagaimana mengatur suatu jaringan.

Dalam metode pengkabelan kabel jaringan, sering kita dengar istilah kabel straight dan cross. Disini saya akan membahas tentang kedua metode pengkabelan tersebut dan beberapa fungsinya.


1. Kabel Straight
Kabel straight adalah istilah untuk kabel yang menggunakan standar yang sama pada kedua ujung kabelnya, bisa EIA/TIA 568A atau EIA/TIA 568B pada kedua ujung kabel. Sederhananya, urutan warna pada kedua ujung kabel sama. Pada kabel straight, pin 1 di salah satu ujung kabel terhubung ke pin 1 pada ujung lainnya, pin 2 terhubung ke pin 2 di ujung lainnya, dan seterusnya.
Jadi, ketika komputer mengirim data pada pin 1 dan 2 lewat kabel straight ke switch, switch menerima data pada pin 1 dan 2. Nah, karena pin 1 dan 2 pada switch tidak akan digunakan untuk mengirim data sebagaimana halnya pin 1 dan 2 pada komputer, maka switch menggunakan pin 3 dan 6 untuk mengirim data ke komputer, karena komputer menerima data pada pin 3 dan 6.

Susunan Kabel Straight
PIN pertama dan kedua menggunakan susunan yang sama, yaitu :
  1. Orange Putih
  2. Orange
  3. Hijau Putih
  4. Biru
  5. Biru Putih
  6. Hijau Putih
  7. Coklat Putih
  8. Coklat

Fungsi Kabel Straight
  • menghubungkan komputer ke port biasa di switch.
  • menghubungkan komputer ke port LAN modem cable/DSL.
  • menghubungkan port WAN router ke port LAN modem cable/DSL.
  • menghubungkan port LAN router ke port uplink di switch.
  • menghubungkan 2 HUB/switch dengan salah satu HUB/switch menggunakan port uplink dan yang lainnya menggunakan port biasa.
2. Kabel Cross
Kabel cross menggunakan EIA/TIA 568A pada salah satu ujung kabelnya dan EIA/TIA 568B pada ujung kabel lainnya.
Pada gambar, pin 1 dan 2 di ujung A terhubung ke pin 3 dan 6 di ujung B, begitu pula pin 1 dan 2 di ujung B yang terhubung ke pin 3 dan 6 di ujung A. Jadi, pin 1 dan 2 pada setiap ujung kabel digunakan untuk mengirim data, sedangkan pin 3 dan 6 pada setiap ujung kabel digunakan untuk menerima data, karena pin 1 dan 2 saling terhubung secara berseberangan dengan pin 3 dan 6.
Untuk mengenali sebuah kabel apakah cross ataupun straight adalah dengan hanya melihat salah satu ujung kabel. Jika urutan warna kabel pada pin 1 adalah Putih Hijau, maka kabel tersebut adalah kabel cross (tetapi jika ujung yang satunya lagi juga memiliki urutan warna yang sama yaitu Putih Hijau sebagai pin 1, maka kabel tersebut adalah kabel Straight). Tapi untungnya, kebanyakan kabel menggunakan standar EIA/TIA 568B pada kedua ujung kabelnya.

Fungsi Kabel Cross
  • menghubungkan 2 buah komputer secara langsung.
  • menghubungkan 2 buah HUB/switch sama-sama menggunakan port biasa diantara kedua HUB/switch.
  • menghubungkan komputer ke port uplink switch.
  • menghubungkan port LAN router ke port biasa di HUB/switch.


Susunan Kabel Cross
PIN pertama, yaitu :
  1. Orange Putih
  2. Orange
  3. Hijau Putih
  4. Biru
  5. Biru Putih
  6. Hijau Putih
  7. Coklat Putih
  8. Coklat 
 PIN kedua, yaitu :
  1. Hijau Putih
  2. Hijau
  3. Orange Putih
  4. Biru
  5. Biru Putih
  6. Orange
  7. Coklat Putih
  8. Coklat

Comments

My Channel