begin transaction in mysql (heidisql)

Selamat pagi teman-teman.
Sudah lama tidak posting blog lagi, maklum ada kesibukan mendadak dan kurang adanya bahan yang akan saya post ke blog ini.

Pada postingan sekarang, saya akan berbagi trik dan tips yang berhubungan dengan query di database khususnya mysql. Saya akan membagikan tentang begin transaction di mysql. Apa itu begin transaction, saya tahu query tersebut saat menggunakan database MSSQL Server. Saya akan coba menjelaskan begin transaction menurut pemahaman saya. hehehehehehe

di dalam MSSQL Server, biasanya penulisan begin transaction adalah sebagai berikut.

begin tran

insert into table a values ('a')

rollback

begin tran juga bisa diganti dengan begin transanction. Begin tran adalah awal mula transaksi dijalankan.
insert  . . . . .  adalah query yang akan dijalankan.
rollback adalah query yang dijalankan tidak benar-benar masuk ke dalam table a, tetapi masuk ke dalam table temporary MSSQLnya. Tetapi jika rollback diganti menjadi commit, maka script yang dijalankan langsung masuk ke dalam table tersebut.

Jadi kesimpulan menggunakan begin tran adalah untuk memastikan script yang kita gunakan itu sudah sesuai apa belum sesuai dengan yang ingin kita lakukan, baik itu insert, delete ataupun update, sebelum kita benar-benar melakukannya.

Untuk MSSQL sudah, bagaimana jika kita ingin menggunakannya di mysql dengan tool heidisql ?
jika script diatas dijalankan di heidisql, pasti akan muncul error. Karena heidisql tidak memahami format penulisan tersebut. Jadi penulisan di heidisql adalah sebagai berikut :

begin;

insert into table a values('a');

rollback;

demikian postingan singkat saya mengenai mysql. semoga bisa bermanfaat
Tuhan Yesus memberkati.


Comments

My Channel