Block Streaming Website Dengan Mikrotik

Selamat siang menjelang istirahat berakhir.

Untuk anda sebagai IT jaringan, yang pernah mengalami bandwith kantor habis gara-gara streaming video, baik lewat youtube ataupun website streaming film yang banyak sekali beredar. Dan pernah berfikir bagaimana cara blok streaming, berarti sama seperti saya. Saya buka ahli jaringan atau mikrotik, tetapi saya hanya mencoba beberapa cara dan mengkombinasikannya supaya apa yang saya harapkan berjalan seperti apa yang saya mau.

Sudah mencari banyak sekali cara blok streaming website di berbagai situs dan mencobanya. Yang berhasil di blok hanya di situs youtube saja. Saat saya trial buka kaskus, ada video disana masih bisa di play dengan lancar. Jadi percuma kalau hanya bisa blok streaming di youtube tetapi tidak berlaku di situs-situs yang lainnya. Disini saya bukan bermaksud untuk memblok akses ke websitenya, tetapi saya hanya memblokir streamingnya saja. Karena website tersebut mungkin ada isi yang bermanfaat bagi user yang menggunakannya. Dan ada pertimbangan yang saya temukan di salah satu website adalah, jika langsung memblok websitenya, mikrotik akan bekerja terlalu keras dan bisa mengakibatkan load yang tinggi. Apalagi mikrotik yang saya gunakan juga masih model jadul. hehehehe

Mungkin cara atau script yang akan saya bagikan terlihat aneh atau salah untuk teman-teman yang sudah ahli dibidang jaringan khususnya mikrotik. Tetapi dengan cara saya gunakan, saya berhasil memblokir streaming di situs youtube dan beberapa situs streaming film yang lainnya.

Berikut langkahnya. 
1. Buka firewall dan pilih tab Layer7 Protocol.
2. Klik tambah, berinama untuk layer7nya dan ketik ini regexnya.
videoplayback|video|(scontent|video).([a-z]+[0-9]+-[0-9]+)|\\D[a-z]+.fbcdn.net\\/[a-z]\\/.+.mp(.)|^.+(tv.kaskus.co.id).*$
seperti tampilan dibawah ini

 
3. Klik OK.
4. Klik tab Filter Rules.
5. Klik tambah.
6. Untuk bagian general, isi seperti gambar berikut ini
 
7. Bagian advanced isi seperti gambar berikut ini.
 
8. Bagian action isi seperti gambar dibawah ini
 
9. Buat lagi seperti langkah no 6, tetapi protocolnya diganti TCP.
10. Bagian tab advanced, sama persis dengan langkah no 7.
10. untuk bagian actionnya, sama seperti langkah no 8. Tetapi untuk bagian rejet with dipilih tcp reset.

Semoga berhasil.
 
 


Comments

  1. saya coba dan berhasil block youtube, dan web streaming film. mantap. jazakallah khair gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya cukup tambahkan protocol udp 443, udah keblok youtube :)

      Delete
    2. iya kalau youtubenya, tapi di situs lain masih bisa streaming.

      ini yang saya coba block semua situs streaming.
      mungkin ada kurangnya, karena enggak menguasai 100% mikrotik.

      terima kasih buat ilmunya

      Delete

Post a Comment

My Channel