Replikasi Transaksi Sql Server 2008

Replikasi SQL Server 2008

Bagi para IT yang mengurusi data sebuah perusahaan yang memiliki banyak cabang yang terletak di banyak kota. Pasti mereka pernah memikirkan bagaimana cara supaya data yang di input cabang bisa langsung masuk ke dalam database pusat. Entah itu dengan cara penginputan terpusat, dengan backup restore, mirror database, atau dengan replikasi database.

Replikasi Sendiri terdapat 4 tipe atau kategori :
  1. Snapshot publication 
  2. Transactional publication
  3. Transactional publication with updatable subscriptions
  4. Merge publication
1. Snapshot Publication
Snapshot Publication bisa di katakan replikasi yang cukup bagus, tetapi jika kita menggunakan koneksi ip publik dengan koneksi internet yang lambat. Maka replikasi ini akan membebani kinerja server yang ada dicabang. Kelebihan replikasi ini, jika ada orang pusat yang merubah data di pusat tetapi tidak merubah data di cabang tersebut. Maka data yang di rubah di pusat akan hilang atau sama dengan data yang di input di cabang saat proses replikasi terjadi. Untuk keamanan data replikasi tipe ini akan lebih aman jika dibandingkan dengan replikasi yang lain.

2. Transactional publication
Transaksional publication adalah replikasi yang bisa dikatakan paling ringan kinerjaanya jika dibandingkan dengan replikasi yang lain. Kelemahan replikasi jenis ini adalah jika terjadi perubahan data di pusat yang tidak di barengi dengan data yang ada dicabang. Maka saat replikasi tersebut berjalan, data tersebut tidak akan berubah atau sama persis dengan data yang ada di cabang. Maka sangat di sarankan jika menggunakan replikasi ini, untuk user yang ada di pusat tidak di beri akses untuk merubah data.

3.  Transactional publication with updatable subscriptions
Transactional publication with updatable subscriptions adalah replikasi yang sistem kerjanya hampir mirip dengan mirroring database. Karena data yang diinput di pusat atau perubahan data yang terjadi di pusat, akan di kirimkan ke database cabang.

4. Merge publication
Untuk Merge publication, saya belum pernah mencobanya. Tetapi saya pernah membacanya, kalau konsep ini bisa dikatakan 1 database replikasi digunakan untuk beberapa server. 

Comments

My Channel