Error Saat Replikasi Part I


Mungkin kita pernah mengalami error saat replikasi tersebut terjadi. Saya juga pernah mengalami error tersebut, sempat pusing kenapa error tersebut muncul. Pernah berfikir gara-gara jaingan internet yang kurang bagus atau server tersebut mati saat proses replikasi berjalan. Tetapi itu semua ternyata tidak benar, soalnya saat saya coba dijaringan lokal. Error yang sama juga terjadi, padahal saya menggunakan jaringan lokal. Saya terus mencoba mencari di internet untuk pemecahan dan penyeban masalah yang sering terjadi dan mengakibatkan error tersebut terjadi.


Tetapi dengan adanya error seperti ini, saya lebih bisa memahami sistem kerja replikasi tersebut. Disini saya menggunakan Replikasi  Transaksi. Setelah saya mencari sekian lama, akhirnya saya mendapatkan beberapa srcipt sql dengan saya kombinasikan sendiri, soalnya pernah mencoba hanya menjalankan salah satu skrip yang saya dapat, ternyata masalah error tersebut tidak terselesaikan. Disini saya menyimpulkannya dan membuat langkah sendiri, yang selalu saya terapkan jika error tersebut terjadi dan sering berhasil. Berikut adalah langkah-langkah yang saya buat sendiri dengan menggabungkan beberapa script yang saya dapat saat googling di internet.

The subscription(s) have been marked inactive and must be reinitialized. NoSync subscriptions will need to be dropped and recreated. ini adalah salah satu error yang sering terjadi saat saya menggunakan replikasi.

1. select status,* from distribution..MSsubscriptions
   update distribution..MSsubscriptions set status=2
2. delete from distribution..msrepl_commands
3. use SolitaireCBG
EXEC sp_repldone @xactid = NULL, @xact_segno = NULL, @numtrans = 0,    @time = 0, @reset = 1
EXEC sp_replrestart
4. Ganti waktu schedulenya menjadi lebih dari 5 atau 10 menit dari jam komputer saat kita memperbaiki replikasi tersebut. Dengan tujuan supaya replikasi dapat berjalan lebih cepat dan kita bisa tahu apakah berhasil atau tidak.
5. restart job'nya
6. start publisernya
7. dan lakukan reinitial pada subcriber
Langkah ke 6 dan 7 digunakan bila setelah kita menjalankan langkah 1 sampai 4 dan tidak terjadi perubahan (replikasi masih error). Maka lakukan langkah 1 sampai 7.

Berikut contoh gambar replikasi yang berjalan.
Yang perlu anda perhatikan adalah lingkaran yang berwarna kuning dan merah. Tetapi yang paling penting di perhatikan adalah lingkaran gambar yang di lingkari dengan lingkaran yang berwarna merah (Log Agent). Jika Log Agent tersebut mengalami error, maka belum tentu dengan langkah di atas masalah ini dapat terselesaikan.


Error Saat Replikasi Part II

Comments

My Channel