Combobox bertingkat dengan 2 paramether javascript php.

Selamat Pagi Teman-teman yang setia mencari tutorial diinternet untuk menambah ilmu dan berkarya seperti yang kita harapkan.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang javascript. Kenapa saya berbagi tentang javascript, dikarenakan di tempat saya bekerja saat ini. Saya diminta untuk membuat website dimana sebenarnya saya juga sudah lama tidak belajar atau membuat website #hanyabelajardikampus. Saat pertama kali membuat website untuk perusahaan sekarang, saya memiliki kendala yaitu bagaimana menampilkan data diwebsite dari database melalui combobox yang kita buat. Jadi saat combobox kita ganti nilainya, data yang ditampilkan juga ikut berubah.

Setelah googling kesana kemari, akhirnya mendapatan itu dan sudah bisa saya coba. Di internet juga banyak yang berbagi tentang itu semua. Setelah saya mendapatkan itu, saya memiliki kendala lagi. Yaitu bagaimana caranya variable yang dikirim dari javascript ke php itu tidak hanya satu, melainkan 2 atau lebih. Karena yang saya dapatkan hanyalah mengirim 1 variable saja, namanya juga masih belajar. Pasti bingung bagaimana caranya mengirim 2 variable secara langsung. Googling kesana kemari, rata-rata mendapatkan yang dikirim hanya 1 variable. Dengan pencarian pakai bahasa inggris, juga sama saja. Banyak yang membagi dengan 1 variable. Setelah terus mencari tanpa berhenti selama beberapa hari, akhirnya mendapatkan juga. Berikut saya bagikan bagaimana mengirim 2 variable dari javascirpt ke php.

$("#CBCOVER1").change(function()
{
    var gol = $("#CBCOVER1").val();
    var namacover = document.getElementById('CBCOVER1')[document.getElementById('CBCOVER1').selectedIndex].innerHTML;
   
    $.ajax(
    {
        url: "prod_subcover_pb.php",
        data: {
                gol : gol,
                namacover : namacover
              },

        cache: false,
        success: function(msg)
        {
            $("#CBSUBCOVER").html(msg);
        }
    });
}

#CBCOVER1 adalah nama combox.
var adalah variable yang akan dikirim.
url : adalah script php yang sudah kita buat untuk menerima variable yang akan dikirimkan.
#CBSUBCOVER adalah nama combox untuk menampilkan hasil dari perubahan #CBCOVER1.
data adalah variable apa saja yang akan dikirimkan.

Penjelasan diatas adalah penjelasan sesuai dengan pemahaman saya yang masih baru belajar javascript dan php.



Comments

My Channel