Error Access Violation at address 00000xxx. In module project.exe. Read Of Address 00000xxx

Selamat Pagi Teman-teman.

Bagaimana kabar kalian semua, saya harap kalian semua dengan kondisi kesehatan yang sangat baik saat membaca artikel di blog www.indonesiamumet.blogspot.com. Setelah sekian lama tidak bikin blog lagi, karena ada kesibukan pekerjaan. Dan sekarang sedang mencari pekerjaan baru sebagai IT Programming, Infrastructure, Networking ataupun yang lainnya. hehehe

Pada pagi menjelang siang ini, saya akan mencoba untuk membagi sedikit ilmu yang saya dapatkan sendiri. Setelah browsing hampir 3 hari dan tidak mendapatkan solusi sama sekali. Saya akan mencoba membantu agan-agan khususnya pengguna delphi yang mengalami Error Access Violation at address 00000xxx. In module project.exe. Read Of Address 00000xxx. Seperti saya yang sudah hampir menyerah karena mencari di yang empunya semua cara di google, tetapi tidak ada yang bisa menjawab 100% masalah yang saya hadapi yaitu Error Access Violation at address 00000xxx. In module project.exe. Read Of Address 00000xxx. Dari sekian banyak googling kesana kemari, kebanyakan mereka bilang ada masalah dengan RAMnya, atau plugin di delphi (padahal saya menggunakan plugin standart bawaan delphi). Ada yang bilang kena virus, ada yang menyuruh mengganti regristy juga. Hampir semua cara saya coba, tetapi semua tidak ada yang berhasil, Setelah berpikir terus sampai kadang tidak bisa tidur gara-gara mikirin itu. he he

Kalau menurut saya dan pengalaman yang saya alami Error Access Violation at address 00000xxx. In module project.exe. Read Of Address 00000xxx, terjadi karena saya ingin mengisi data edittext formA dari hasil table di formB. Dan Error Access Violation at address 00000xxx. In module project.exe. Read Of Address 00000xxx ini tidak selalu muncul saat menjalankan aplikasi dan kondisi form yang sama persis. Disini formA dan formB menggunakan fsmdi form karena sudah ada mainformnya.

Akhirnya ketemu suatu blog dengan permasalahan yang hampir sama persis. Tetapi saya lihat dijawaban commentnya, dia cuman bilang masalah di urutan pembuatan formnya. Dia mengatakan urutan formnya salah saat create, jadi ada kemungkinan formB dicreate terlebih dahulu sebelum formA. Setelah membaca ini, saya mencoba membuat ulang aplikasi dan saya membuat form dengan urut walapun desain masih kosong. Setelah saya coba, masih sama saja Error tersebut kadang muncul kadang tidak. Berikut capturenya :





Itu error yang saya dapatkan saat ingin mengisi edittext formA dari data formB. Setelah menganalisa masalah yang saya hadapi dan mencoba mencari solusi sendiri bagaimana cara delphi mengcreate form. Setelah ketemu posisi dimana delphi mengcreate form, saya lihat urutan sudah benar. Saya coba bolak balik urutan untuk formnya, hasilnya masih sama saja. Jika agan menggunakan rumus 

Form2:=nil;
Form2:=TForm2.Create(nil);
Form2.Show;

atau menggunakan rumus 

TForm2.Create(self).Show;
untuk memanggil form2 tersebut. Silahkan ganti dengan Application.CreateForm(TForm2, Form2);
Dengan menggunakan script tersebut, masalah saya clear 100%. Tidak pernah muncul lagi Error Access Violation at address 00000xxx. In module project.exe. Read Of Address 00000xxx. Semoga juga bisa menyelesaikan masalah yang teman-teman hadapi.




Comments

  1. saya coba dulu ya mas.....saya juga lagi ngalami kondisi seperti ini, tapi kalau di temapt saya lancar jaya, tapi kalau dipindah ke komputer lain baru muncul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas mau tanya klo muncul eror kaya di atas tp pada saat project1. exe di eksekusi kira2 kenapa ya.??? sebelum nya jalan normal, 2 hari kemarin ga ajalan. posisi ada d client menggunakan windows 8.

      Delete
    2. itu projectnya di run langsung muncul error itu ?

      model formnya juga pakai parent dan child ?

      coba pastikan untuk aplikasi yang di run tidak di block dengan antivirusnya. kemudian pastikan tidak ada script yang di jalankan di event on createnya. Siapa tahu ada scriptnya yang tidak bisa jalan di event on create form.

      semoga bisa menjawab.

      Delete
  2. bagaimana kalau error "access violation at address 74066C86 in module 'msadce.dll'. Read of address 990E021A" posisi di bbrpa client saja. ini terjadi di aplikasi point of sale ada beberapa yg lancar, apakah masalah koneksi dan windows berpengaruh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mungkin koneksinya bisa di open saat form yang dimaksud dibuka saja, jangan saat pertama aplikasi dibuka.

      Delete
  3. Makasih banget Mas,
    ini masalah yg buat susah
    sukses terus

    ReplyDelete
  4. mas, sya ada masalah error "acces violation at address ...." pada saat mau instal AVS video editor , error muncul pada saat instalan dah mau selesai, klik ok beberapa kali error ilang, tapi aplikasi gak bisa di buka , keluar error lain..., hal sama jga terjadi pada saat update smadav , kira2 kenapa ya ? mohon pencerahannya,trims





    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi master aplikasinya yang sudah error.

      kalau enggak, coba klik kanan run as administator.

      maaf lama balesnya

      Delete
  5. Mas, kok saya masih gk bisa ya? Padahal udh ganti kayak diatas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. form yang dipanggil masih kosong atau sudah ada scriptnya ?

      Delete
  6. udah ilang errornya mas , terimakasih banyak . dr sini sy bisa tahu permasalahannya. tp sayang banget aplikasi kaga mau tampil. hanya muncul di taskbar bawah aja mas. ada sarankah mas? apa perlu di create semua formnya mas? yg sy create ada 18 form , sedangkan jumlah total form ada 85 form

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau muncul di taskbar bawah, coba aja di bagian properties windows start nya dibuat maximize.

      sebenernya kalau untuk create ulang atau enggaknya, tergantung kebutuhan. saya gunakan create ulang kalau form itu style mdiform.

      semoga bisa membantu

      Delete
    2. Cek propertiesnya, jangan dicreate semua, cukup create form saat mau manggul form tsb

      Delete
  7. Bang caranya di bikin Vidio di yutup , soal nya saya kurang paham wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. g ada waktu bwt bikin video
      hehehehe

      gini aja, cara kamu manggil form gimana ?

      Delete
  8. Pas masukin komponen image error mas" Exception Access in module 'vcl140.bpl' at 0000B535, bla bla bla. Help mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ada akses komponen yang patnya belum ditambahkan.

      Delete
  9. mas untuk mengubah script atau formnya bagaimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngrubahnya dibagian saat memanggil sebuah form.

      semoga bisa membantu

      Delete
  10. mau nanya. udh coba pake script itu. kok malah ga kepindah formnya.? kan gunakan script tersebut untuk manggil form. jadi misal, sy pakai form23.show; . lalu sy ganti dngn script tersebut, namun form nya malah ga tampil. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek visiblenya apakah sudah aktif apa belum

      semoga bisa menjawab

      Delete
  11. langkah2 nya gimana min. please ane gk ngerti coding

    ReplyDelete
    Replies
    1. rumus itu digunakan saat memanggil form lain.

      jadi kalau manggil rumusnya menggunakan button. Di event button clicknya diisi Application.CreateForm(TNamaForm, NamaForm);

      semoga bisa membantu

      Delete
  12. Kalau punya saya hanya 1 form dengan mainkan tabpage..
    Error Access violationnya waktu buka tabpage selanjutnya..
    Solusinya gmana ya mastah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau model seperti itu, sepertinya solusinya bukan ini.

      Coba cari di google dengan kata multiformtab, dulu saya pernah nyoba-nyoba itu.

      semoga bisa membantu.

      Delete
  13. Kalau punya saya hanya 1 form dengan mainkan tabpage..
    Error Access violationnya waktu buka tabpage selanjutnya..
    Solusinya gmana ya mastah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau model seperti itu, sepertinya solusinya bukan ini.

      Coba cari di google dengan kata multiformtab, dulu saya pernah nyoba-nyoba itu.

      semoga bisa membantu.

      Delete
  14. Bang, mau nanya kalo yang begituan keluarnya di aplikasi anates gimana bang? Lagi skripsian dianya gitu terus :(
    Help bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. aplikasi anates itu buat sendiri atau pas pakai aplikasi itu muncul error tersebut ?

      Delete
  15. Trima kasih banget mas,saya udah seharian blom dapet. Smoga sukses mas

    ReplyDelete
  16. Kak saya kebetulan ada masalah seperti ini juga. Pas saya buat nih form8 nya, Nah, pas saya mau save gitu, tbtb muncul error seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pas save muncul error tersebut, bisa jadi file sudah pernah ada.
      Coba save terlebih dahulu, kalau masih tidak bisa. Mungkin bisa dicoba untuk close delphinya terlebih dahulu dan buka lagi.

      Delete
  17. Saya mau coba sarannya kakak, tapi saya bingung gimana caranya. Saya baru aja pake aplikasi delphi 7 ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dengan delphi 7, ini digunakan untuk memanggil form lain yang akan ditampilkan.

      Delete
  18. Terima kasih bos, artikelnya sangan membantu, semoga bisa terus berkarnya bos.

    ReplyDelete
  19. sudah mencoba mas, tetapi masih belum bisa. semalaman gagal terus ini help..

    awalnya memang ada access violation itu dengan form1.show, tapi setelah diganti applicationcreateform malah ga ada apa2nya. solusinya gimana ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek visible untuk form1 nya, sudah true atau belum ?

      Delete
  20. bisa cek security di foldernya, dipastikan everyone bisa full access.

    coba delphi run as administrator juga

    semoga bisa membantu

    ReplyDelete
  21. Saya buat printout pakai quickreport, tapi componentnya dicreate dinamis sesuai grid di form laporan saya..tp selalu kena access violation padahal untuk printout yg componentnya tidak dinamis tidak ada masalah..kira2 kenapa ya..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika muncul errornya saat mau preview quickreportnya. Kalau menurut saya, ini karena saat dijalankan reportnya. Tidak menemukan component yang sudah di generate dynamic nya. Ini juga saya alami ketika membuat report dengan fast report. untuk saat ini saya masih belum menemukan solusi terbaik untuk generate dinamic reportnya.

      nanti jika saya sudah bisa, akan saya info lebih lanjut.

      Delete
    2. Thx gan..betul karena ada component yg tidak ditemukan..sudah bisa lancar sekarang..

      Delete
    3. okay gan.

      bisa di share ilmunya gan, biar bisa generate reportnya.
      hehehe

      Delete
  22. Mas ini saya juga muncul kode seperti itu saat restarp laptop, tpi saya tidak tau memperbaiki nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saat laptop nyala langsung muncul error seperti itu, ada kemungkinan karena aplikasi yang langsung berjalan saat laptop pertama kali nyala tetapi program tersebut bisa jadi sudah dihapus tetapi tidak bersih atau rusak karena virus. Sehingga mengakibatkan file yang dicari tidak ada, jadinya muncul error seperti itu.

      semoga bisa membantu

      Delete
  23. Tadi saya mau kuliah, biasanya modemnya baik baik aja. Trus tiba tiba ter unconect dan muncul error acces violation at address ini ira kira kenapa ya kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk error di aplikasi modemnya, mungkin bisa diuninstall aplikasi modemnya dan install lagi.

      semoga bisa menjawab

      Delete
  24. thank for visit and thank for information about easy worship

    ReplyDelete

Post a Comment

My Channel