Membuat Server Chat Dengan Open Fire Part I

Selamat sore rekan-rekan, bagaimana kabarnya semua ?

Setelah pusing dengan printer laser karena setelah diisi toner hasilnya ngemblok terus. Lebih baik membuat tulisan di blog baru. hehehehe

Setelah sekian lama tidak upload tulisan baru di blog. Karena kesibukan dan bingun dengan materi atau ilmu apa yang bisa dibagi dan bermanfaat untuk agan-agan sekalian. Pada kesempatan ini saya akan berbagi ilmu tentang server chatting. Jika sebelumnya saya sudah pernah sharing tentang LAN Messenger. Dengan LAN Messenger kita tidak memerlukan server untuk menampung semua chating atau client yang ada, tetapi kelemahannya adalah kita tidak bisa memonitoring user siapa saja yang bisa mendapat aplikasi LAN Messenger. Karena setiap orang pasti bisa download sendiri di mbah google. Dan setiap user yang terdapat aplikasi tersebut, akan langsung bisa chatting dengan semua user yang sudah ada, atau terdapat aplikasi LAN Messenger.

Dengan aplikasi chat Spark Messenger dan aplikasi Open Fire, kita bisa membangun server chatting sederhana yang sangat bermanfaat layaknya Yahoo Messenger. Karena aplikasi ini juga terdapat username dan password untuk login terlebih dahulu sebelum chatting ke sesama user atau group yang ada. Kita juga bisa menggunakan Spark Messenger ini untuk komunikasi (chatting) antar cabang tanpa tambahan LOGMEIN seperti di LAN Messenger

Dan semisal agan juga ingin chat melalui handphone, kita bisa menggunakan aplikasi Xabber untuk android. Jika server Open Fire ini kalau menurut saya sangat bermanfaat jika agan juga ingin mengganti group yang ada di HP, baik itu group Whatsapp atau BBM atau laiinya, Karena dengan Open Fire, kita bisa mendapatkan dan membackup semua history yang ada dalam setiap chatting. 

Berikut tutorial singkatnya, disini saya membuat dengan menggunakan database SQL Server.

Sebelum instal openfire, install java terlebih dahulu. 
Double Klik jre-6ui-windows . .. . .. Klik Run.
 


Pilih typical setup. Klik Accept.




Klik Finish.

Setelah install java selesai, sekarang kita akan memulai install Open Fire. Karena tanpa java, Open Fire tidak akan pernah bisa berjalan.
Double klik openfire setup. Klik Run. 
Klik OK.
Klik Next.
Check List I Accept the agreement. Klik Next.
 Klik Next.
Klik Next.
Finish.


Buka folder tempat instalasi openfire. Biasanya di c:\program file\openfire.
Klik Kana di folder openfire pilih properties. 
Klik security dibagian menu. Klik Edit.
 Klik Add.
Ketik everyone dan klik OK.

Check list di full control. Klik OK.


Klik OK.
Buka OpenFire.
Jika tampilan agan seperti dibawah ini, menandakan kalau installasi Open Fire berjalan Lancar.


Untuk bagaimana cara koneksi menggunakan database SQL Server, akan saya bahas di materi berikutnya. Karena saat saya mau selesaikan di satu bahasan ini, setiap mau menambah gambar selalu error. Maaf jika susunan blognya tidak bagus, karena copas dari tutorial word yang pernah saya buat.

Semoga bisa membantu.

Comments

My Channel