Username dan Password modem speedy HG8245A

Selamat Malam,

Pernah dibuat pusing gara-gara habis diganti modem speedy tapi tidak tahu username dan passwordnya, dan lupa menanyakan kepada pihak speedy yang mengganti modemnya ? Ditambah lagi lupa meminta no telp teknisi yang datang, tidak ada buku manual untuk modemnya juga, kalau seperti ini lengkap sudah penderitaanya, heheheh
Mau reset modem tapi hasilnya sama, karena tidak tahu password standart untuk modemnya. Pasti jadi tambah bingung dan mau pasrah, sebelum menemukan blog dan artikel ini. ^_^

Jika iya, berarti sama seperti saya sebelum saya menemukan username dan passwordnya. Hampir nyerah dan putus asa, sudah sempet googling ke sana kemari, tapi hasilnya sama saja. Karena modem ini memang masih jarang yang menggunakannya. Berikut tampilan modemnya:

jika benar tampilan modem agan seperti ini harusnya username dan passwordnya sama dengan punya saya yaitu:
username : telecomadmin
password : admintelecom
Jika berhasil login, maka tampilannya akan seperti berikut :

Jika agan ingin mengganti passwordnya, silahkan ke menu system tools dibagian kanan atas. Kemudian pilih Modify Login Password. Silahkan ganti password agan dan coba login ulang.
Tetapi perlu diingat, bahwa username yang agan ganti passwordnya bukanlah telecomadmin ataupun admin seperti di modem pada umunya. Tetapi usernamenya adalah root dan password sesuai yang diganti tadi.

Demikian ilmu yang saya dapat, dan saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Tuhan Yesus Memberkati.

Comments

  1. Mas mau tanya, Gimana cara forwding dan setting DDNS ya? Susah saya settingnya. Terimakasih
    Absensi Sisik Jari Yogyakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cara forwading bisa dilihat di alamat ini : http://indonesiamumet.blogspot.com/2015/05/cara-setting-port-forwading-modem.html

      Delete
    2. Gan gimna cara blokir orang yang masuk ke jaringan wifi modem kita.

      Delete
    3. Gan gmna cara blokir orang yg msuk ke jaringan wifi modem kita

      Delete
    4. Pake whitelist aj gan, daftarin mac address yang diijinkan konek.

      Silahkan lihat comment dibawah sendiri.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  2. Kalau untuk modem ini, saya belum pernah setting. Nanti kalau ada waktu saya akan coba untuk setting port forwadingnya. Kalau untuk modem speedy tplink. Mungkin bisa lewat firewall.

    ReplyDelete
  3. Terimakasi banyak! sangat membantu :DD

    ReplyDelete
  4. Jadiii... Percuma dong ganti password. Kan masih bisa di buka dengan telecomadmin & admintelecom, apalagi password yang telecomadmin & admintelecom itu sudah bukan rahasia lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, saat saya tanya sama petugasnya juga bilang seperti itu. Katanya tujuannya jika terjadi error, pihak telkom langsung bisa memperbaiki tanpa harus reset modem karena tidak tahu passwordnya.

      Delete
    2. Sumpah,,,, nggak enak banget, jadi merasa nggak aman, jaman sekarang kan banyak yg iseng.... apalagi pass yg TELECOMADMIN itu sdh bukan rahasia lagi :(
      Apa lagi di rumah saya untuk kos-kosan... haadeeeeeh!! Ada solusi??? Karena kalau sudah menggunakan wifi tsb, otomatis pengguna bisa masuk ke settingnya kan??!

      Delete
    3. Untuk solusi paling mudahnya agan harus sering-sering ganti password modemnya. Mungkin untuk gateway wifi jangan menggunakan yang standart 192.168.1.1. Mungkin bisa diganti dengan yang lain. Karena kalau mau masuk modem, orang pasti harus mengetahui IP modemnya.

      Setahu saya, modem itu bisa multi SSID. Jika memang bisa, coba pakai multi SSID saja. Tetapi saya belum tahu, apakah multi SSID itu juga bisa dipisah IPnya. Jika bisa dipisah perSSID. Mungkin bisa dengan cara ini, jadi orang lain pakai wifi dengan nama yang berbeda dengan yang agan pakai. IPnya juga akan berbeda, sehinggan orang tidak akan tahu IP modem yang sesungguhnya.

      Delete
    4. Silahkan ganti settingan Disable WAN-side HTTP and Telnet access menjadi disable. Dengan resiko semua yang konek dengan wifi tidak akan bisa membuka router speedy.

      Semoga bisa membantu

      Delete
    5. Settingannya dimana tuh menunya?
      Kalau ganti password telnet gimana caranya?
      Kalau via kabel bisa diproteksi ga? Biar orang yang konek via LAN ga bisa otak-atik setting modemnya. Penting banget ini..

      Delete
    6. Kalau menunya lupa, nanti kalau sudah dirumah saya kasih tau dimana menunya. Soalnya sekarang masih kerja.

      Password telnet juga tidak bisa diganti gan.

      Kalau via kabel mau diproteksi juga, bisa saja. Dimenu yang sama dengan cara disable akses modem via wifi. Nanti akan saya info lagi dimana posisinya.
      Tetapi kalau menurut saya, agan tidak perlu sampai proteksi via kabel LAN. Karena resikonya sangat besar, yaitu modem sudah tidak bisa diganti settingan lagi. Karena aksesnya sudah ditutup semua. Jadi jika mau ganti settingan, agan harus reset modem terlebih dahulu.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
    7. settingannya di menu security, ONT Acess Control Configuration

      Delete
    8. saran saya jangan menggunakan wifi bawaan huawei. gunakan wifi-router tambahan supaya lebih aman. set WAN di router tambahan, brand nya bebas. atur ulang ip, dan yang terpenting "settingan Disable WAN-side HTTP and Telnet access menjadi disable" (by: Elia )
      tujuannya untuk mematikan akses dari ip publik, ingat tiap modem punya ip publik yang bisa diremot dr jarak jauh, dengan demikian pihak telkom ttp bisa akses, hanya saja ruang gerak untuk orang jail lebih sempit. semoga membantu

      Delete
    9. Thx bwt masukan agan darky euy. Kalau untuk perusahaan, memang disarankan menggunakan wifi tambahan. Kalau untuk personal dan agan punya budget lebih. Lebih baiknya memang pakai wifi lain.

      Delete
    10. thx info nya sangat membantu
      cara mengembalikn nya gmn???
      reset moedem?

      Delete
    11. thx info nya sangat membantu
      cara mengembalikn nya gmn???
      reset moedem?

      Delete
    12. kalau untuk reset modem saya belum pernah coba. Tetapi untuk user & password ini juga digunakan oleh pihak telkom untuk mengecek atau setup modem kita.

      lebih baik ganti settingan Disable WAN-side HTTP and Telnet access menjadi disable.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  5. just share, kebetulan speedy dirumah saya baru diganti fiberoptic dan router standartnya tipe ini.
    Semua sudah di seting, nama wifi baru + pasw, tiba2 jalan 1 minggu koneksi wifi tidak bisa conect, coba search wifi lagi namanya sudah berubah menjadi : YOU=JUST=HACKED & tidak pakai pasword.
    Saat ini sudah berhasil saya rubah lagi & pasw lagi, hanya tidak habis pikir saja siapa yang iseng, sedangkan hanya saya sendiri yang menggunakan jaringan ini....thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau seperti itu, kemungkinan ada yang tahu password wifinya. Soalnya tidak mungkin orang lain bisa setting modem kalau tidak bisa konek ke modemnya karena tidak tahu passwordnya. Kecuali kalau orangnya pakai jaringan LAN.

      Saran saya, ganti password berkala. Entah satu minggu sekali, satu bulan, atau lebih. Tergantung selera. Karena ditempat saya sudah pakai FO 3 Bln lebih tidak pernah ada masalah seperti itu. Muncul masalahnya jaringan lost, gara-gara tetangga sebelah potong pohon mangga. Kabel FOnya di bengkokin, jadi sinyalnya lost.

      Delete
    2. Kalo aktifin whitelist MAC adsress kita doank yg bisa akses,, apakah bisa jadi lebih aman?

      Delete
    3. Kalau lebih aman sudah pasti. Kendala hanya terjadi saat punya gadget atau laptop baru. Karena harus ditambahkan dulu ke whitelist supaya gadget atau laptop tersebut bisa menggunakan internet. Atau mungkin ada banyak teman atau saudara yang saat mau menggunakan internet, agan tidak dirumah. Sehingga tidak bisa menambahkan ke daftar whitelist.

      Delete
    4. cara tambah whitelist mac di menu mana gan...??

      Delete
  6. gan saya punya problem ni, si modem bisa di akses dari ip luar. gmn cara blocknya ya?
    modemnya sama kaya yg di atas..

    bahaya kan kalo modem bisa di akses dari sembarang ip ntar kena hakel2 lagi :p

    pliss help cara blocknya dmn nih? :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu modemnya di setting wifi g gan ?

      Kalau di setting wifi, untuk password wifinya sudah pasti aman belum ?

      Karena harusnya orang tidak akan bisa konek ke modemnya kalau dia tidak tahu password wifinya, kecuali pakai kabel LAN.

      Delete
    2. Kalau pakai kabel LAN, sudah pernah setting DHCP di modem belum gan ?

      Terus untuk IP modem sudah pernah diganti belum ?

      Jika belum semua, disini saya anggap agan sudah bisa setting ip komputer. Sekarang silahkan untuk

      ip komputer diisi 192.168.100.100
      subnet mask 255.255.255.0
      gateway 192.168.100.1

      Untuk Preferred DNS Server : 8.8.8.8
      Alternate DNS Server : 8.8.4.4

      Jika sudah disetting seperti diatas, silahkan di OK sampai close semua settingannya. Kemudian buka browser agan dan ketik ip 192.168.100.1 dan tekan enter. Akan muncul tampilan seperti gambar tutorial yang saya buat.

      Disini untuk Preferred dan Alternate DNS menggunakan DNS google, jika agan tahu dns speedy. Bisa diganti sesuai dns speedy yang agan miliki.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  7. password aman gan, gada yg ganti n cuma ane yg tau.

    cuma yg jadi masalah kenapa si modem bisa di akses dari internet ya? ane pinginnya di block. pengaturan buat block dari luar gmn gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau diakses dari internet pasti bisa gan, karena setiap internet kita nyala kita dapat ip publik dari speedy. Dan kita aksesknya dari ip publik tersebut. Setahu saya, jika agan pake paket yang biasa dan bukan gold. IP publik akan berubah setiap hari. Jika tidak berubah, bisa coba dimatiin dan di nyalain lagi modemnya. Harusnya setiap modem dimatikan, IP Publiknya pasti akan ganti.

      Jika agan tidak bisa ping, itu karena agan ping IP Publiknya dari IP Publik yang sama. Jadi tidak bisa, karena istilahnya semacam memanggil diri sendiri. Makanya ditolak dan muncul Request Time Out atau lainnya.

      Kalau di blok saya belum pernah mencoba, cuman ada kemungkinan akan jadi masalah di internetnya jika port 80 di blok.

      Mungkin bisa di akali dengan port forwarding, jika ada yang akses port 80 bisa diblok atau diarahkan ke port lain atau ip lain.

      Delete
    2. Mungkin bisa di coba cara ini gan, http://indonesiamumet.blogspot.com/2015/05/cara-setting-port-forwading-modem.html.

      Untuk port external bisa diisi port 80 dan port internalnya diisi sembarang.

      Delete
    3. Dipastikan juga untuk mengecek port 80 dari web berikut gan : http://www.yougetsignal.com/tools/open-ports/

      jika informasi sudah menunjukan kalau port tersebut sudah close, maka sudah bisa dipastikan modemnya tidak bisa diakses dari komputer luar (internet).

      Delete
    4. yg jelas ini MODEM kehed... kampret mending ganti modem.. gampang di bobol wifinya..... apalagi buat usaha warnet kebobolan terus dah w otak atik ttp klo akun sama passwordnya ga bisa di ganti gampang di buka dan di setting sama bandit lagi......

      Delete
    5. Silahkan ganti settingan Disable WAN-side HTTP and Telnet access menjadi disable. Dengan resiko semua yang konek dengan wifi tidak akan bisa membuka router speedy.

      sudah saya coba sendiri, orang telkom yang mau setting modem saya tidak bisa menggunakan hp mereka.

      semoga bisa menjawab.

      Delete
  8. Gan, bagaimana menambahkan ddns di modem ini ya ? Mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ddns tujuannya untuk apa ya gan ?

      Kalau untuk otomatis upload ip publik. Pake aplikasi myq-see ddns aja gan, itu simple and gratis juga, saya juga pakai aplikasi itu untuk mesin absen dicabang supaya bisa di download datanya dipusat.

      Delete
  9. gan, mau nanya nih..gimana cara setting pasword wifi pada modem huawei 8245A..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan bisa coba langkat ini gan : http://indonesiamumet.blogspot.com/2015/08/ganti-password-wifi-hg8245a.html

      Delete
    2. ga bisa ganti setau ane akun passnya ... sengaja pihak indihome biar bayarnya mahal... quota abis pake tagihan dah

      Delete
    3. bisa diganti, saya sudah coba dan berhasil. Nama wifi dan password bisa sesuai keinginan kita, yang pasti nama wifi tidak bisa pakai (spasi).

      semoga bisa menjawab.

      Delete
  10. alamat masuk situs nya apa ya mas? biar bisa masuk seperti ss diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ip bawaan speedy biasanya 192.168.100.1. Kalau tidak bisa, mungkin bisa menggunakan 192.168.1.1. Tetapi untuk memastikan alamatnya apa, mungkin bisa konek ke modem tersebut menggunakan Kabel LAN atau Wifi. Kemudian lihat ip gatewaynya. Bisa dipastikan itu adalah ip modemnya.

      Delete
  11. Pagi mas!
    T4 saya pakai HG8245A. Port 8181 sdh OPEN uk monitor CCTV, DDNS juga sdh ada nevadakost.no-ip.org. Tapi saat akses nevadakost.no-ip.org:8181, CCTV gak bisa diakses, padahal kalu pakai IP LAN 192.168.1.200:8181 CCTV bisa diakses.
    Ada SOLUSI utk masalah ini mas?

    Suwun
    Joko - Kost Nevada UMS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi juga. Untuk memastikan apakah portnya open atau tidak, coba gunakan alamat ini : http://www.yougetsignal.com/tools/open-ports/
      Jika memang sudah dipastikan lewat alamat tersebut atau cek open port disitus yang lain dan memang sudah open.

      Jika memang open, saat agan membuka situs tersebut. Pasti agan juga akan mendapatkan alamat ip publik dari inet yang digunakan saat ini.

      Coba untuk settingan di program cctvnya bisa diisi untuk ip publik yang didapat tadi dan portnya. Jika menggunakan ip publik bisa, ada kemungkinan dari modemnya yang tidak bisa upload ip publik ke nevadakost.no-ip.org.

      Karena ip publik speedy selalu ganti-ganti.

      Atau mungkin bisa menggunakan situs https://myq-see.com/. Ini saya gunakan untuk upload data dari cabang ke pusat dan cctv. Sampai sekarang masih berjalan.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
    2. wifi tidak bisa konek ke perangkat lain. tertulis di hp saya authentication problem.
      bagaimana caranya. thks.

      Delete
    3. Coba ganti dulu password wifi speedy dengan yang sederhana. Kemudian untuk hp yang tidak bisa konek, bisa di forgot network trus konek ulang. Jika masih tidak bisa, coba terlebih dahulu konek dengan laptop.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  12. wifi tidak bisa konek ke perangkat lain. tertulis di hp saya authentication problem.
    bagaimana caranya. thks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti dulu password wifi speedy dengan yang sederhana. Kemudian untuk hp yang tidak bisa konek, bisa di forgot network trus konek ulang. Jika masih tidak bisa, coba terlebih dahulu konek dengan laptop.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  13. wifi tidak bisa konek ke perangkat lain. tertulis di hp saya authentication problem.
    bagaimana caranya. thks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti dulu password wifi speedy dengan yang sederhana. Kemudian untuk hp yang tidak bisa konek, bisa di forgot network trus konek ulang. Jika masih tidak bisa, coba terlebih dahulu konek dengan laptop.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  14. Ada masalah nih,kan nama wifi saya azka kenapa berubah jadi myspeedy@1116,teruz internetnya jg gabisa pdhl dah konek,padahal internet sama adsl nyala
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa buka ini : http://indonesiamumet.blogspot.co.id/2015/08/ganti-password-wifi-hg8245a.html

      Pastikan juga untuk enable WLANnya tercentang. Dan setting dhcp sudah benar.

      Kalau untuk nama myspeedy@1116, semua modem speedy sekarang ada bawaan seperti itu.

      Kalau masih belum bisa silahkan kontak lagi, bisa via blog atau ym dan skype.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  15. thanks gan ilmu nya...nice info..mau tanya gan,kalo setting ussetv nya dri modem gmna ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau setting useetv blom pernah coba gan. Itu orang telkom yang langsung setting tanpa biaya tambahan.

      Setahu saya juga di receiver usetvnya ada username dan passwordnya, yang tahu cuman orang telkom. Terakhir orang telkom setting usetv ke rumah saya tidak memberikan username dan passwordnya.

      Kalau memang mau pasang usetv, telp telkom aj. Tidak ada biaya tambahan kok.
      heheheheh

      Semoga bisa membantu.

      Delete
    2. HG8245A brosing pake wifi lancar jaya, pas coba pake lan tidak bisa konek padahal sudahengikuti petunjuk di atas. Tolong pencerahannya

      Delete
    3. dipastikan tidak ada settingan di ip di komputer atau laptopnya. Pastikan juga kabel LANnya tidak bermasalah. Mungkin bisa pakai tester kabel LAN.

      jika kedua itu sudah dipastikan tidak bermasalah. Pastikan settingan dhcp benar, total yang diijinkan ip obtain berapa.

      Pastikan juga indikator lampu LAN di modemnya nyala.
      Silahkan komen lagi jika masih kurang jelas, bisa by ym atau skype.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
    4. ente setting lagi bos,,, pastikan LAN 1, 2 dst... tercentang,,. cek setiap kolom kolomnya.buka WAN, trus klik yg internet,, nah situ centangin LAN semuanya sama SSID nya

      Delete
  16. maaf mas saya mau numpang tanya, kemarin saya merubah setelan security "Disable WAN-side HTTP and Telnet access" pada router hg8245 saya, bagaimana cara meng enable kannya kembali, sedangkan untuk masuk ke menu router sayja sudah tidak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 2 cara untuk mengaktifkan kembali.
      Cara pertama, konek ke modem menggunakan kabel. Itu sudah pasti bisa buka settingan modemnya.

      Cara kedua, reset modem.
      hehehehe

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  17. Sore Mas, maaf nih mau numpang tanya, saya punya modem huawei hg8245a, sudah saya ganti password telecomadmin nya jadi yag di root, tp sekarang masalahnya saya kok ga bisa merubah DNS nya ya (warnanya jadi abu2). waktu masih telecomadmin masih bisa dirubah. setelah di cek ternyata primary DNSnya diisi sama dns yang tidak valid, ga bisa di PING. bagaimana cara merubah dari root ke telecomadmin lagi ya atau ada cara lain untuk merubah DNS nya??? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi mas, sorry baru bisa balas. Kemaren sibuk meeting. hehehehe

      Untuk username dan password standart telecomadmin itu tidak bisa diganti, itu adalah password standart modem speedy. Teknisi telkom yang pernah setting modem ini juga saya tanya, memang tidak bisa diganti untuk username dan password standartnya.

      Sebenernya username dan password standart ini hanya untuk orang telkom. Kita hanya diberi akses root. Tetapi saya merasa kesulitan jika mau setting modem, ini saya share supaya bisa membantu sesama pengguna modem ini. hehehehe

      Jadi bisa login lagi menggunakan username dan password seperti yang dibahas diblog ini, kemudian silahkan rubah settingan dnsnya sesuai yang diharapkan.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  18. Selamat sore mas, mohon pencerahannya, saya ingin merubah DNS pada modem huawei hg8245a tetapi tidak bisa karena warnanya abu2, oh ya akses masuk ke modem sudah saya rubah menjadi root bukan telecom admin lagi. jadi point untuk ganti DNS tidak bisa dikutak kutik lagi. saya ingin ganti karena primary DNS nya ternyata tidak valid (tidak bisa di ping). mohon pencerahannya mas, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi mas, sorry baru bisa balas. Kemaren sibuk meeting. hehehehe

      Untuk username dan password standart telecomadmin itu tidak bisa diganti, itu adalah password standart modem speedy. Teknisi telkom yang pernah setting modem ini juga saya tanya, memang tidak bisa diganti untuk username dan password standartnya.

      Sebenernya username dan password standart ini hanya untuk orang telkom. Kita hanya diberi akses root. Tetapi saya merasa kesulitan jika mau setting modem, ini saya share supaya bisa membantu sesama pengguna modem ini. hehehehe

      Jadi bisa login lagi menggunakan username dan password seperti yang dibahas diblog ini, kemudian silahkan rubah settingan dnsnya sesuai yang diharapkan.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  19. Ada tutorialnya gk mas biar lebih jlas .mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tutorial untuk apa ini maksudnya gan ?

      Ini saya cuman sharing username dan password speedy untuk modem speedy HG8245A.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  20. Mas ada tutorialnya gk buat ganti username & passwordnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau username dan passwordnya tidak bisa diganti. Yang bisa diganti hanya user root. Berikut contohnya : http://indonesiamumet.blogspot.co.id/2015/08/ganti-password-wifi-hg8245a.html

      Semoga menjawab pertanyaannya.

      Delete
  21. Gan cara msuk ke menu yng di atas gmn yah?
    Msukin ip di browser? 192.168.1.254?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf sebelumnya, saya membuat toturial ini dengan asumsi semua sudah bisa konek ke wifi. Jika agan sudah bisa konek ke wifi, dan ip modem belum diganti. Harusnya agan tinggal ketik ip 192.168.100.1 di browser. Tetapi jika sudah diganti, agan bisa lihat gateway di komputer, laptop atau hp yang konek ke wifi tersebut. Sudah bisa dipastikan itu adalah ip modemnya.

      Tetapi jika belum pernah konek sama sekali dan mau masuk ke modem untuk pertama kali agan harus menggunakan kabel LAN dan setting ip komputer atau laptop agan menjadi 192.168.100.101.
      Ini saya asumsikan agan sudah bisa ganti ip komputer.
      Jika tidak tahu cara menggantinya, bisa googling. Jika masih tidak paham, nanti saya buatkan toturial ganti IP komputer.

      Setelah setting ip LAN selesai, silahkan buka browser agan (mozilla, chrome dan lainnya). Ketika di addressnya 192.168.100.1
      nanti akan muncul tampilan seperti yang saya chapture.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  22. Jadiii... Percuma dong ganti password. Kan masih bisa di buka dengan telecomadmin & admintelecom, apalagi password yang telecomadmin & admintelecom itu sudah bukan rahasia lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara tidak langsung memang sepertinya tidak berguna. Heheheh
      Tetapi selama password wifi diganti secara berkala mungkin bisa mengurangi resiko diakses oleh orang lain.
      Atau kalau mau bener-bener protek bisa dengan ganti settingan Disable WAN-side HTTP and Telnet access menjadi disable. Dengan resiko semua yang konek dengan wifi tidak akan bisa membuka router speedy.

      Semoga bisa membantu

      Delete
    2. Mas Ella di kantor membagi koneksi internetnya nya gimana? Dari HG 8245A ke switch terus ke komputer2 lain via kabel LAN kah?

      Saya pengen tau gimana caranya mencegah komputer2 lain yang konek via LAN (bukan via wifi) untuk mengutak-atik setting HG 8245A. Terima kasih.

      Delete
    3. Kalau ditempat saya modem speedy di konek ke mikrotik. Dari mikrotik baru ke switch, dari switch baru ke komputer client. Semua client sudah tidak bisa konek ke modem, karena sudah diblok dengan router mikrotik.

      Agan bisa menggunakan mikrotik seperti yang saya terapkan sekarang, atau agan bisa belum 1 switch yang bisa VLAN. Jadi sebelum modem dibagi ke client, dilewatkan switch VLAN terlebih dahulu. Nanti di VLANnya bisa di protek ip mana saja yang bisa konek ke modem.

      Atau mungkin juga bisa dengan menyiapkan satu PC dengan 2 LAN Card. Jadi nanti dari modem masuk ke PC LAN Card1, kemudian setting sharing internet di PC tersebut ke LAN Card2. Dengan cara seperti ini semua komputer client tidak akan bisa akses modemnya, yang bisa hanya PC yang konek ke modem langsung.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
    4. Mas elia saya juga pakai mikrotik. Pada modem ini. Tapi kenapa klien bisa akses ke modem. Padahal ip nya kan sudah beda segmen apa saya ada ketinggalan di pengaturan mikrotik nya saya pakai rb750

      Delete
    5. Kalau dicoba test ping dari komputer client. Bisa reply apa enggak ?
      Kalau masih reply, berarti ip modem sama ip client masih satu class.

      Mungkin simplenya ip modem menggunakan class b, sedangkan ip di client menggunakan class c.


      Pastikan juga wifi di modem sudah mati.
      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  23. Itu router mikrotiknya yang tipe apa? Tipe yang paling murah sudah ada setingan gitu belum ya?

    Terima kasih, membantu sekali Mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua router mikrotik sudah ada settingan seperti itu, karena semua client ngikutnya gateway mikrotik, bukan modem.

      Delete
  24. halo gan..bsa bantu ga..please..gimana aktifin wifinya padahal wlan dah di enable...coba di sambungkan dari hp slalu status ip di amankan.? tolong pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tampilan untuk settingan wifi apakah sudah seperti disini : http://indonesiamumet.blogspot.co.id/2015/08/ganti-password-wifi-hg8245a.html

      Jika sudah harusnya sudah muncul nama wifi yang agan buat, dan silahkan pastikan untuk DHCP di setting lan juga sudah aktif.

      Mungkin bisa menggunakan password wifi yang gampang terlebih dahulu.

      Semoga membantu.

      Delete
  25. halo gan..gimana cara aktifin wifinya padahal wlan dah di enable ..di sambungkan ke hp status di amankan slalu begitu..mohon pencerahnnya modem modem HG8245A

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tampilan untuk settingan wifi apakah sudah seperti disini : http://indonesiamumet.blogspot.co.id/2015/08/ganti-password-wifi-hg8245a.html

      Jika sudah harusnya sudah muncul nama wifi yang agan buat, dan silahkan pastikan untuk DHCP di setting lan juga sudah aktif.

      Mungkin bisa menggunakan password wifi yang gampang terlebih dahulu.

      Semoga membantu.

      Delete
  26. Hallo gan kok username dan pasword tersebut tidak bisa digunakan ya di modem huawei hg8245a milik sy...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dipastikan tidak kebalik penulisannya gan ?

      hurufnya juga sudah dipastikan kecil semua ?

      untuk koneksi ke modemnya menggunakan apa ya ?

      Coba menggunakan laptop terlebih dahulu, jika masih tidak bisa. Bisa jadi sudah diprotek untuk koneksi menggunakan wifi, jika agan koneksinya menggunakan wifi.

      karena setahu saya, user n password ini tidak bisa diganti.

      jika agan pernah mengganti passwordnya, yang terganti bukanlah password untuk username telecomadmin, melainkan username root.

      semoga bisa membantu.

      Delete
  27. makasih gan ..membantu bangett (y)
    hee

    ReplyDelete
  28. Gan tanya...pass wifi bawaan modem ini apa ya...saya br aja reset modem gara2 ga konek dr td..sy cb utak atik sndiri trus reset..eh nama wifi nya jd ganti nama modem huawei..mhn bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bawaan wifi modemnya, setahu saya g ada passwordnya gan. Coba di forgot dulu di networknya hp atau laptopnya, kemudian konek ulang.

      Jika masih tidak bisa, langsung lihat di settingan modemnya. Bisa dilihat di postingan diatas untuk username dan passwordnya.

      Semoga bisa menjawab.
      Silahkan klik iklan yang ada jika berkenan. ^_^

      Delete
    2. coba pake cara ini kalo ke-reset modemnya : http://www.kangibay.net/2016/03/mudah-mengetahui-username-password-indihome-huawei-hg8245a.html

      Delete
    3. Kanglbay, saya mengalami kasus tereset modemnya, setelah saya login acoun Admin pas admin, bisa login, cuman kok belum bisa restore configgurasi yg sudah saya backup sebelumnya, setingan firewal terkunci, setingan wan terkunci. Sekarang indihome saya matisuri, mohon pencerahanya.

      Delete
    4. Kalau reset modem belum perna saya. Mungkin bisa telp ke telkomnya, bilang aja settingan modemnya error. Itu bisa diremote sama orang telkomnya.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  29. mas saya ingin memfilter situs2 tertentu gimana yah saya sudah masuk ke security>URL filter sukses sampai di save tapi situs yg di filter tetep bisa dibuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk blok situs-situs tertentu saya belum pernah mencoba, kalau ada waktu akan saya coba lihat dulu settingan di modemnya.

      Atau mungkin agan bisa info kesaya untuk print screen hasil settingannya ?

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  30. Gan cara ganti gateway huawei gimana dari adminya gimana gan please lagi pengen sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka aja disettingan LAN, terus ganti ip 192.168.100.1 menjadi ip gateway yang agan mau.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  31. Modem saya knp tidak masuk user name telekomadmin pdhl udah teliti saya ketik bbrapa x tapi masih tidak bisa pdhl lampu ponnya hijau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk usernamenya bukan telekomadmin gan tetapi telecomadmin. Bukan menggunakan huruf k tetapi menggunakan huruf C.

      Jika sudah menggunakan telecomadmin tetap tidak bisa. Mungkin bisa dihapus dulu semua cache yang ada dan forgot network terlebih dahulu.

      Jika masih tidak bisa, mungkin bisa menggunakan cara agan yang pernah comment ke blog saya berikut linknya : http://www.kangibay.net/2016/03/mudah-mengetahui-username-password-indihome-huawei-hg8245a.html

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  32. Selamat Pagi Mas..., saya mau tanya kenapa di modem huawei ini kan ada 4 port, tetapi kenapa cuma bisa satu port yg digunakan..., sedangkan kami dapat 4 ip publik.. jika menggunakan switch atau hub, koneksinya lambat.. terimakasih buat jawabannya Mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi juga pak, wah menggunakan speedy yang corporate yang pak. Kok sampai bisa mendapatkan 4 IP Publik. Hehehe

      Itu ada settingan di modemnya, kalau tidak salah settingannya di menu LAN. Tinggal dicentang semua port yang mau dipakai. Kemudian coba restart modemnya.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  33. Selamat Siang Mas,ssaya meu bertanya tentang port di modem huawei ini, kenapa hanya port pertama saja yang bisa digunakan? sedangkan di modem ada 4 port, mohon solusinya, sedangkan kami mendapatkan 5 ip publik.. kalau saya gunakan switch atau hub koneksinya jadi lambat.., terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang Pak, biasanya memang untuk modem ini yang diaktifkan pihak speedy adalah port 1 untuk internet, port 4 untuk TV. Kalau mau diaktifkan port yang lain bisa buka settingan LAN kemudian centang semua portnya. Kemudian restart modemnya.

      Harusnya untuk menggunakan switch tidak ada masalah, gunakan switch yang gigabyte aja pak. Saya menggunakan switch tersebut juga tidak ada masalah.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  34. Selamat siang pak, mohon bantuannya kalo untuk blokir website di modem hg8245a ini gimana caranya ya pak ?
    Terimakasih atas bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk masalah ini belum pernah setting pak, nanti coba kalau sudah dirumah saya lihat dulu di modemnya apakah ada settingan untuk blok situs tertentu atau tidak.

      Nanti akan saya buatkan tutorial singkatnya kalau memang ada.

      Delete
    2. oke pak, terimakasih atas jawabannya, ditunggu tutorialnya.

      Terimakasih.

      Delete
    3. Berikut link bagaimana cara blok website melalui modem HG8245A. http://indonesiamumet.blogspot.co.id/2016/04/cara-blok-situs-di-modem-hg8245a.html

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  35. selamat sore mas...sy mau ganti ip address modem HG8245A dari 192.168.100.1 menjadi 192.168.200.1 bisa ngak ya mas...karna karna sy memakai mikrotik di warnet sy dgn ip address mikrotiknya 192.168.1.1...mohon pencerahannya mas..terimakasih

    ReplyDelete
  36. selamat sore mas...sy mau ganti ip address modem HG8245A dari 192.168.100.1 menjadi 192.168.200.1 bisa ngak ya mas...karna karna sy memakai mikrotik di warnet sy dgn ip address mikrotiknya 192.168.1.1...mohon pencerahannya mas..terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah bisa diganti ap enggak. Pasti bisa gan, modem saya dirumah juga saya ganti ipnya menjadi 192.168.1.1.


      Kalau settingan mikrotik dpat dari speedy. Kalau memang menggunakan dial up speedy. Harusnya g masalah.
      Kalau g salah di salah satu port mikrotik ada yang disetting untuk class ipnya sama dengan ip modem speedy.

      Maklum, blom pernah setting mikrotik dari awal. Cuman maintenance aja pake mikrotik.
      He he

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  37. malam mas...tadi sy sdh coba dirubah ip modemnya...sdh conek internet tapi mas loadingnya lama...pas sy restart modemnya ip address modem nya kembali lagi ke semula..maklum mas masih baru belajar ...he..hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. malem juga gan, loadingnya lama itu saat buka inet ap akses modemnya ?

      kalau untuk kembali lagi IPnya harusnya enggak, karena ditempat saya restart berkali-kali juga tidak berubah. Mungkin ada settingan di mikrotik yang mengakibatkan itu. ^_^

      Delete
  38. Mohon Bantuan donk....password modem kami yang huawei hg8245a sepertinya sudah bocor. Apakah penggantian username dan password ini akan membantu masalah kami? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk ganti password tidak akan pengaruh, karena nanti yang terganti adalah password atas username root.

      Paling gampang bisa diganti IPnya dan password wifinya. Atau bisa mencoba ganti settingan Disable WAN-side HTTP and Telnet access menjadi disable pada modem speedynya. Dengan resiko semua yang konek dengan wifi tidak akan bisa membuka router speedy.

      Kalau itu digunakan untuk kantor, mungkin bisa dikasih satu PC untuk menampung inet yang didapat dari speedy. Kemudian komputer tersebut sharing inet untuk client yang lain. PC yang disediakan harus minimal mempunyai 2 LAN Card.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
    2. Pengalaman saya untuk user telecomadmin bisa dinon-aktikan. Tetapi hal tersebut mengakibatkan service EMS menjadi failure.

      Delete
    3. Kalau pengalaman saya, untuk user telecomadmin bisa dinon-aktifkan. Tetapi hal tersebut akan membuat servis EMS menjadi failure.

      Delete
    4. Apa itu service EMS ? ^_^

      Effeknya apa gan kalau service EMS itu mati ?

      Delete
    5. EMS (Element Management System), bisa dikatakan hampir sama seperti ACS pada speedy ADSL dulu. Dimana EMS memiliki cakupan yang lebih luas (New Generation).

      Yang saya ketahui fungsi2 dari EMS:
      - Touchless Provisioning, bisa dikombinasi dengan ACS protocol TR069.
      - Remote Management, biasanya digunakan untuk troubleshoot, reconfiguration, update software pada CPE disetiap node.
      - Manage Third-Party Devices.

      Bisa dikatakan efek-nya jika EMS service failure, pihak telkom tidak bisa melakukan remote dan melihat resource maupun log yang ada didalam ONT.

      Selama ini saya masih aman2 aja dengan menon-aktifkan user telecomadmin. Tetapi sebagai gantinya saya membuat user baru untuk user SuperAdmin-nya.

      Delete
    6. wah, susah kalau seperti itu. Saat ada troubel di jaringan. Pihak telkom tidak bisa langsung bertindak. ^_^

      lebih baik matikan Disable WAN-side HTTP and Telnet access menjadi disable. Itu sudah cukup untuk memutus akses orang yang konek ke wifi. Sudah saya test dan berhasil, saat orang telkom datang tidak bisa login ke modem walaupun sudah menggunakan username dan pass telecom admin. Hanya bisa menggunakan device saya.

      Terima kasih untuk infonya, sangat membantu.

      Delete
  39. kalau kita tiak ada koneksi dari wifi maupun kabel LAN, kita hanya bisa conect melalui speedyinstan@wifi.id bagaimana?
    itupun hanya jarinan nonkonksi internet.
    solusinya gimana ?
    tolong ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini maksudnya ditempat agan tidak ada langganan speedy tetapi ada sinyal wifi dengan nama speedyinstan@wifi.id ?

      Kalau memang seperti yang saya tangkap diatas, agan bisa beli voucher internetnya di plasa telkom terdekat lokasi agan.

      semoga bisa menjawab.

      Delete
  40. halo mas, maaf melenceng dari judul :v

    berhubung saya dah ga berlangganan indihom, modem tipe ini sekarang nganggur.
    saya pake wifi dari luar dan saya share ke ruter MR3020 via LAN.

    nah masalahnya sekarang wifi yang saya tangkep mau saya share via lan ke HG8245A biar bisa dteruskan di wlan HG8245A. mengingat menimbang daya pancarnya lebih luas daripada yg MR tadi :v.

    posisi HG8245A udah direset, coba trial error masih belon sukses, gugling belon ada yg share :v.
    barangkali mas tau caranya, bisa bantu?
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk topologi pastinya seperti apa gan ?

      apakah benar seperti yang saya pahami seperti berikut ?

      modem internet => MR3020 => HG8245A.
      Jika memang seperti diatas, coba cari setting gateway untuk modem tersebut dan ganti gatewaynya menjadi ip dari modem internet. Dan DHCPnya yang disetting harap salah satu saja, entah itu modem internet, MR3020 atau HG8245A. Jangan semua memancarkan DHCP, karena bisa mengakibatkan error.

      Untuk modem ini saya belum pernah mencari apakah settingan gateway bisa diganti atau tidak. Tetapi untuk beberapa modem speedy ada yang tidak bisa diganti gatewaynya. Jadi bisa memancarkan wifi, tetapi tidak bisa konek ke internet.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  41. kak ,, misi mau tanya ,

    kenapa yak ,, setelah instal ulang windows wifi ane g bisa konek ke laptop . tulisan nya konek tapi No internet Connection jadi g bisa surf internetan .

    trus klo di diagnose/troubleshoot tulisannya " your connetion was interuted"

    makasih kak , mohon pencerahaannya :D

    (Note :bisa konek kalo di rumah sepi g ada yang pakai cuma ane)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah coba forget networknya ?

      Kalau bisa konek saat tidak ada yang pakai. Sudah coba dicek untuk dhcp yang di pakai rangenya berapa sampai berapa.

      Informasi itu muncul bisa jadi karena dhcpnya sudah habis untuk rangenya atau bandwithnya habiz.

      Semoga membantu.

      Delete
  42. mas kalo cara membatasi kecepatan/bandwith di modem ini bagaimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk membatasi kecepatan BW, sepertinya tidak ada. Dan jarang ada modem yang ada fasilitas untuk ini.

      Beli aja modem yang untuk business, pasti ada management BWnya.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  43. mas kalo membatasi kecepatan/bandwith di modem ini bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk membatasi kecepatan BW, sepertinya tidak ada. Dan jarang ada modem yang ada fasilitas untuk ini.

      Beli aja modem yang untuk business, pasti ada management BWnya.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  44. permisi mas, ip modem 192.168.1.1 terkena ip filtering karena saya memfilter semua ip di warnet saya, gimana cara membuka filter ip modem sedangkan semua ip tidak bisa mengakses internet? mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini modem yang digunakan apa ?

      apakah sama seperti modem yang saya share ?

      yang dimaksud filter apakah dengan pengaturan "Disable WAN-side HTTP and Telnet access menjadi disable". ?

      atau dengan cara yang lain ?

      Delete
  45. halo mas Elia..
    mohon bantuan untuk pemasangan switch pada modem HG8245A indihome.
    urutan pemasangannya seperti ini route HG8245A ke switch kemudian dari switch saya koneksikan ke computer client. koneksi internet berjalan dengan baik ketika 1 hanya 1 computer client yang terhubung di switch
    sedangkan apabila di tambahkan client lagi di switch maka lampu indikator LAN ke switch jadi mati.. otomatis koneksi internet terputus..

    tolong solusinya untuk masalah saya ini mas Elia.. thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya tidak terjadi masalah apa-apa saat pemasangan switch.

      Apakah sudah dipastikan bahwa saat koneksi 2 client indikator kabel LAN mati dan tidak bisa akses internet. Bahwa sinyal gponnya masih nyala dimodemnya ?

      Jika nyala, apakah lampur indikator gponnya nyala terus atau kedip" ?

      Kemudian apakah switch yang dipasang sudah dipastikan tidak ada masalah ?

      Jika memang tidak ada masalah.
      Coba cek settingan dhcpnya.
      Jika banyak dhcp poolnya.
      Mungkin bisa dikurangi.

      Mungkin juga bisa ditest untuk ip clientnya dibuat statik dulu.

      Atau bisa coba ganti clientnya. Apakah kasusnya akan sama ?

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  46. Selamt sore mas , gimana caranya login user bisa masuk kalau mac addressnya sudah saya masukan ?
    saya ingin hanya orang-orang yang macaddressnya aja yang sudah manual dimasukin ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini maksudnya login ke wifinya supaya bisa konek, atau yang hanya bisa akses settingan wifi ?

      Delete
    2. Mungkin bisa dicoba ke settingan security, kemudian dibagian kiri pilih WLAN MAC Filter Configuration. Filter mode pilih whitelist. Klik new untuk menambahkan semua mac address yang diijinkan konek ke modem. Jika sudah selesai, centang enable WLAN Mac.

      Jangan lupa untuk menambahkan device anggan terlebih dahulu. Hehe

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  47. sore mas kalau mau memasukan macaddress bagaimana caranya
    saya mau orang yang bisa internetan hanya yang sudah terdaftar macaddresssnya saja secara manual soalnya kalau cuman ngandelin password wifi tetangga suka ngasih tau orang jadi internet kuota sya cepat habis, hehe sy pengen orang-orang yang saya masukin aja...
    trims ditunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa dicoba ke settingan security, kemudian dibagian kiri pilih WLAN MAC Filter Configuration. Filter mode pilih whitelist. Klik new untuk menambahkan semua mac address yang diijinkan konek ke modem. Jika sudah selesai, centang enable WLAN Mac.

      Jangan lupa untuk menambahkan device anggan terlebih dahulu. Hehe

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  48. login ke wifi supaya bisa konek mas , saya punya passwordnya selalu menyebar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa dicoba ke settingan security, kemudian dibagian kiri pilih WLAN MAC Filter Configuration. Filter mode pilih whitelist. Klik new untuk menambahkan semua mac address yang diijinkan konek ke modem. Jika sudah selesai, centang enable WLAN Mac.

      Jangan lupa untuk menambahkan device anggan terlebih dahulu. Hehe

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  49. salam kenas mas, mo tanya nih, begini ceritanya... di rumah mertua saya ada telepon rumah. jujur saja kalau di rumah ortu saya sendiri tidak pasang telepon (PSTN) rumah, nah kalau saya perhatikan di rumah mertua saya ini...pesawat telepon kabel rj11 nya ternyata masuk ke modem hg8245a di port "TELP1".

    status existing:
    - Power (nyala hijau)
    - PON (nyala hijau)
    - Telp1 (nyala hijau)

    Karena penasaran, dan saya juga gak begitu expert tapi karena penasaran, apakah bisa internet nya ya?
    akhirnya saya ambil kabel lan, saya colokin di port LAN2 (sambil nyari info ip address modem dan uname pasword nya apa di internet) akhirnya saya bisa akses, ternyata kebetulan sekali port LAN2 ini masuk ke port LAN yg di set enable, sehingga saya dapat IP DHCP, ternyata bisa internetan mas,

    pertanyaan:
    - mertua saya ini cuma langganan fasilitas telepon rumah saja. karena penasaran saya tadi,,internet nya bisa diakses. ini kalau internet nya dipakai apakah muncul beban saat pembayaran tagihan ? paketnya kan juga tidak tahu apa yg digunakan, ?

    maaf ya mas, karena penasaran saya hahahaha.

    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mz'.

      Yang perlu diperhatikan lagi adalah promo penawaran yang di dapat saat pemasangan telp. Karena untuk promo yang sekarang rata-rata promo 3play. Telp, internet dan tv.

      Kalau untuk pembayaran tagihannya harusnya tidak ada tambahan biasa dan sesuai dengan promo yang ditawarkan.

      Untuk pemasangan telpnya sendiri apakah sudah lebih dari 3 bulan ?
      Kalau belum ada, biasanya untuk internet memang diaktifkan. Ini dimaksudkan untuk mengecek kestabilan koneksti telp, inet n tv nya.

      Delete
  50. terima kasih informasiny, ok nnti saya coba tanya awal pemasangn promo apa yg dgunakan, kalau terkait pemakaiannya sudah lebih dari 3 bulan (udh mo setahunan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah lebih dari 3 bulan. Kemungkinan memang yang paket 3 play. Tv, internet n telp. He he

      Sama"
      Senang bisa membantu.

      Delete
  51. MAAF GAN MAU TANYA, TAMPILAN MODEMNYA SAMA SEPERTI YANG DI ATAS HG8245A TAPI TIDAK BISA MASUK MENGGUNAKAN USERNAME : PASWORD )telecomadmin & admintelecom) padahal saya belum pernah menggantinya, kenapa ya gan.???
    terima kasih

    ReplyDelete
  52. maaf gan mau tanya, tampilan modem saya sama seperti yang diatas HG8245A, tapi kenapa ya tidak bisa masuk menggunakan username & pasword (telecomadmin & admintelecom) padahal saya belum pernah menggantinya.????
    terima kasih

    ReplyDelete
  53. tidak bisa masuk eggunakan username & pasword (telecomadmin & admintelecom) padahal saya belum pernah menggantinya, kenapa ya.???

    ReplyDelete
  54. MAAF GAN MAU TANYA, tampilan modem saya sama seperti gambar yang diatas HG8245A tapi kenapa ya gak bisa masuk menggunakan username & pasword (telecomadmin & admintelecom) padahal saya belum pernah merubahnya.????
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dipastikan untuk penulisannya kecil semua ?

      Itu loginnya pakai koneksi kabel apa wifi ya ?

      Delete
  55. Hallo gan. Setelah saya baca beberapa komen di atas terkait tidak amannya ada login dengan telecomadmin, saya tertarik dengan solusi agan dengan cara ganti default gateway nya dari 198.168.100.1. Yang mau saya tanyakan cara yang aman gimana gan ganti gateway nya? mohon bimbingannya gan. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan ganti settingan Disable WAN-side HTTP and Telnet access menjadi disable. Dengan resiko semua yang konek dengan wifi tidak akan bisa membuka router speedy.

      Semoga bisa membantu

      Delete
  56. Mas ko di speedy saya gak bisa di ganti knpa ya..?? Mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini maksudnya yang enggak bisa diganti apanya gan ?

      Passwordnya, wifinya, atau apa ?

      Semoga menjawab

      Delete
  57. gan, misi bisa bantu saya udah coba untuk ganti setingan di Disable WAN-side HTTP and Telnet access menjadi disable, tapi kok tidak bisa ya tanda ceklis nya tidak bisa saya rubah. trim's sebelumnya

    ReplyDelete
  58. misi gan bisa bantu, saya mau coba untuk rubah seting di modem huawei hg8245a ini. yg pingin saya rubah itu, untuk setingan security, ont access settingan Disable WAN-side HTTP and Telnet access menjadi disable, gimana cara untuk mendisablekannya kotak dialog untuk ceklis nya tidak bisa rubah(atau dihilangkan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cara rubahnya tinggal clik bagian checklistnya aja. Mau dichecklist atau tidak.

      Kalau boleh tau, loginnya menggunakan user apa ya ?

      Delete
    2. pakai telecomadmin biasa mas.

      Delete
    3. Harusnya sich bisa langsung di check atau uncheck untuk yang dipengen. Karena barusan saya mencoba lagi juga masih bisa.

      Mungkin perlu pakai IP yang statik dl. Karena ada kemungkinan itu proteksi dari modemnya, jika di check dan masih konek lewat wifi. Agan tidak bisa login ke modemnya lagi. Atau bisa pakai kabel LAN dulu.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  59. gan ane udah coba ganti trus coba login lg pake username root dan pasword yang udah d ganti tp ga bisabisa gan
    itu g mn ya?
    ada zolusi lain ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi ini yang diganti password rootnya ya ?
      bukan yang telecomadmin, karena yang telecomadmin tidak bisa diganti. Saat agan isi password baru untuk user root, silahkan perhatikan lagi untuk penulisan huruf pertama kali di passwordnya. Kalau saya tidak salah ingat, saat ngetik password huruf pertama menjadi huruf kapital.

      Dulu saya juga salah disitu, setelah saya perhatikan. Ternyata salah di penulisan passwordnya. Tetapi perlu diingat juga, untuk user root ada pembatasan akses untuk menu-menu tertentu.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  60. Halo Gan, saya punya HG8245A nganggur dan mau saya bikin jadi wireless router aja (Access Point) dengan menyambungnya ke switch yang berujung ke modem Indihome (TPLINK TD W8960 ADSL). Saya udah coba dengan cara yang biasa yaitu membuat IP HG8245 satu segmen dengan modem (mis 192.168.1.55) dan DHCP disable tapi anehnya hanya 1 device yang bisa dapet internet, lainnya ngga bisa dapet internet. Pls help ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tplink bawaan speedy atau enggak gan ?
      Kalau dari bawaan speedy, biasanya settingan gatewaynya ada yang 192.168.1.254. Itu tidak bisa diganti setahu saya.

      Tetapi kalau itu tplink biasa, harusnya enggak ada masalah. Coba aj dhcpnya diaktifin, yang dimodem dimatiin. Apakah muncul masalah yang sama ?

      Semoga bisa membantu

      Delete
  61. mas aku udah ganti pasword nya .tapi kenapa jadi susah masuk username nya gimana solusinya

    ReplyDelete
  62. mas aku sudah ganti pasword nya kenapa jadi susah masuk username nya tolong di bantu





    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang terganti bukan user telecomadmin, tetapi root.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  63. mas aku sudah ganti pasword modem nya kenapa jadi susah masuk username nya .tolong bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo punya saya malah gak bisa direset to default om,...
      pdahal sudah di reset dgn mnekan tombol reset scra tahan 20 detik,..tpi sya tdk bisa masuk/log in sbgai admin malah sbagai user aj,..jadi settingan / tampilannya tdk muncul semua,..seperti setting lan aj gk bisa,..sudah reset tapi tdk bisa rubah ssid wifi dan tdk bisa rubah settingan wan,..bisa di bantu,..tampilanya juga jdi sdikit menunya sperti settingan voice tdk tampil pdahal sblmnya tampil ko,..sya sdah pernah ganti user log in nya namun lupa mknya sya reset eh pas di reset ko settingannya masih nmpel,..masih nama ssid lama yg terdetek

      Delete
    2. Kalau untuk reset modem ini, saya belum pernah mencoba.

      Sudah coba pakai user dan pass admin ?
      Atau telecomadmin seperti blog saya ?

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  64. gan ane udah ganti passwordnya tapi ga berpengaruh..tetap saja login dan password admintelecom dan telecomadmin..itu gimana solusinya biar bisa berubah? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan sudah saya kasih tau di blog ini. Yang dirubah bukan password telecomadmin. Tapi password root.

      Mungkin agan bisa reset modemnya. Tetapi saya tidak recomended. Karena ada yang berhasil ada yang tidak. Silahkan cari dicoment-coment diatas.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  65. makasih banyak gan, sangat membantu....

    ReplyDelete
  66. username sama passwornya gak work minta solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipe modemnya sama apa enggak ?

      Sudah coba admin ?

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  67. cara aktifin/nyalain wifi.idnya gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu saya belum pernah mencoba, tetapi biasanya akan otomatis muncul wifi kita sama @telkom.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  68. gan saya sudah ganti password modem, trus pas mau login saya bingung usernamenya karena udah beda sama sebelumnya, itu gimana ya gan? mohon petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau passwordnya sudah dirubah.
      Yang terganti hanya password atas username root. Password standart yang saya tulis diartikel ini masih sama.
      Coba login dengan username root dan password yang baru diganti.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  69. username telecomadmin atau admin bisa kok dirubah passwordnya, caranya dengan merubah configurasi filenya.. masuk ke system tool -> configuration file -> download configuration file. setelah file terdownload (hw_ctree.xml) trus tinggal diedit username dan passwordnya.

    ReplyDelete
  70. Gimana cara menghapus user log gan, dan cara menghapus wlan tambahan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk menghapus log saya belum pernah mencoba, sekarang juga sudah enggak pakai indihome lagi. Jadi tidak bisa melihat settingannya lagi, hehe.

      Kalau untuk menghapus wlan tambahan, centang wlan yang ditambahkan tadi. Kemudian klik delete di bagian kanan bawah.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  71. Malam gan, gimana cara menghapus user log dan menghapus wlan tambahan yang kita buat, terimakasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk menghapus log saya belum pernah mencoba, sekarang juga sudah enggak pakai indihome lagi. Jadi tidak bisa melihat settingannya lagi, hehe.

      Kalau untuk menghapus wlan tambahan, centang wlan yang ditambahkan tadi. Kemudian klik delete di bagian kanan bawah.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  72. sama-sama, senang bisa membantu.

    dulu dapat dari link luar negeri, yang saya dapat modemnya juga beda. Tapi saya coba-coba aja, user dan pass yang saya dapat. hehe

    ReplyDelete
  73. ini cara ganti password yang mana gan? yang wifinya atau akun doang?? yang cara ubah password wifinya gimana???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bukan untuk ganti password, ini hanya informasi user dan pass modem speedynya. Digunakan saat akan login ke modem.

      Kalau untuk ganti password wifi, bisa menggunakan https://indonesiamumet.blogspot.co.id/2015/08/ganti-password-wifi-hg8245a.html

      semoga bisa menjawab.

      Delete
  74. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  75. bro, apaakah modem hg8245a bisa di ganti ip nya? dari 192.168.100.1 menjadi 192.168.888.8 ? nah, apakah koneksi nya coid atau tidak ? kan kalo 192.168.1.1 uda bisa ini yg belum biasa yg akan ane terapkan..

    ReplyDelete

Post a Comment

My Channel