Menambah Tabel Replikasi Yang Sudah Jadi

Bagi teman-teman yang pernah membuat replikasi. Mungkin tidak bingung jika diminta untuk menambahkan beberapa tabel baru untuk ikut direplikasi. Hal ini sering saya alami ketika menggunakan Replikasi Transaksi. Karena Replikasi Transaksi hanya tabel yang memiliki primary key saja yang dapat direplikasi. Sempat bingung mengalami ini, karena program kantor sedang mengalami pengembangan, jadi sering menambah tabel untuk direplikasi. Saat ini terjadi, biasanya saya selalu menghapus replikasi kemudian membuat ulang, dengan cara ini tentu saja membutuhkan waktu yang sangat banyak. Setelah saya mencoba mendalami replikasi lebih dalam lagi, ternyata bisa menambah tabel tanpa membuat replikasi ulang. Berikut tutorial singkatnya :
1. Buka SQL Server dan login sesuai user dan password yang telah dibuat.
2. Kemudian pilih Replication, Local Publications. Klik kanan pada nama replikasi yang telah dibuat dan pilih propertise.
3. Pilih articles, hilangkan centang pada show only checked articles in the list. Ini bertujuan untuk menampilkan semua tabel yang ada dalam database tersebut. Entah itu yang memiliki primary key ataupun tidak.
 
Untuk yang dilingkari warna merah adalah contoh tabel yang tidak memiliki primary key.
Jangan lupa sebelum anda menambahkan tabel yang belum ada primary keynya. Anda harus menambah primary terlebih dahulu ke tabel yang sebelumnya tidak ada primary keynya dan ingin ditambahkan ke tabel replikasi.
4. Centang tabel yang akan ditambahkan ke replikasi. Kemudian klik ok.
5. Klik kanan pada nama replikasi tadi dan pilih View Snapshot Agent Status.
 
6. Lakukan langkah yang sama dengan no 5, tetapi pilih View Log Reader Agent Status.
7. Klik kanan pada subscrip replikasi yang di buat tadi, pilih View synchronization Status.
Usahakan disusun seperti berikut, untuk mengetahui replikasi yang disetting berjalan atau tidak.
 
8. Klik kanan pada replikasi yang dibuat, kemudian pilih Reinitialize All Subscriptions.
9. Pilih Use a new snapshot dan centang Generate the new snapshot now, kemudian pilih ok.
 
10. Maka Gambar yang saya kasih kotak warna merah akan berjalan. Tunggu hingga 100%.
Jika yang saya kasih kotak warna merah sudah 100%. Pilih start pada View Log Reader Agent Status yang saya kasih kotak warna hijau. Jika sudah selesai, kemudia dilanjutkan dengan memilih tombol start pada View Synchronization Status pada kotak yang saya kasih warna biru. Jika sudah selesai semua, berarti replikasi anda dengan menambahkan tabel baru sudah selesai tanpa membuat replikasi ulang. Demikian tutorial replikasi kali ini, semoga bermanfaat. Tuhan Yesus Memberkati.

Comments

My Channel