Membuat Schedule di mikrotik





Kita sebagai IT khususnya yang bekerja di bidang jaringan, biasanya kita di tuntut bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan internet yang ada di kantor tempat kita memcari nafka, (he . . . .he . . .).
Disini saya juga sedang belajat tentang jaringan khususnya mikrotik. Saya mendapatkan info ini dari penyedia jasa internet di kantor saya bekerja. Berikut saya memberikan sedikit ilmu saya tentang bagaimana membuat schedule internet di mikrorik :

1. Buka mikrotik anda. Kemudian pilih system -> scheduler. Disini saya sudah membuat blok internet untuk beberapa komputer yang berjalan pada pukul 07.00 - 10.00. Pada jam tersebut semua komputer bisa koneksi internet. Setelah jam tersebut, maka koneksi internet akan terputus kembali. Maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini :



 2. Klik tanda plus ( + ). Maka akan muncul seperti gambar berikut ini :
  • Name : isi nama schedulenya apa
  • Start date : tanggal schedule pertama kali dijalankan
  • Start time : waktu schedule dijalankan
  • Interfal : selisih waktu yang akan digunakan, baik itu 1 jam sekali atau perhari. Jika interfal digunakan perhari, maka diketik “1d 00:00:00” (tanpa tanda kutip).
  • On event : diisi perintah untuk mengaktifkan atau mematikan firewall “ip firewall filter set 0 disabled=no” => perintah untuk mematikan firewall. “ip firewall filter set 0 disabled=yes” => perintah untuk mengaktifkan firewall
 
Jika anda merasa tutorial ini masih banyak kekurangan. Mohon memberikan masukan dan memberikan tutorial yang lain. Soalnya saya juga sedang belajar mikrotik. he... . . .

Comments

My Channel