Seorang Pemenang Bisa Salah Dan Kalah, Tetapi Tidak Pernah Menyerah

Siapapun pernah membuat kesalahan dan kekalahan.
Apa yang dilakukan Musa dalam keluaran 2:11-22 adalah hal pertama yang Musa lakukan. Baru saja ia memulai sesuatu, ia telah membuat kesalahan, simaklah :
  • Tujuan : Musa memiliki Tujuan yang benar, yaitu : membela bangsanya. Tetapi tujuan yang benar saja tidak cukup.
  • Waktu : kesalahan pertama yang dibuat Musa adalah melakukan tanpa kesesuaian dari waktu Tuhan. Saat itu Musa berumur 40 tahun, sementara waktunya Tuhan untuk Musa bertindak adalah 80 tahun.
  • Cara : Kesalahan yang kedua adalah Musa menggunakan caranya sendiri, yaitu membunuh dengan tangannya sendiri. Caranya Tuhan adalah Musa diminta menghadap firaun dan yang membunuh adalah Tuhan sendiri.
Miliki tujuan yang benar dan lakukan sesuai dengan waktu dan caranya Tuhan. Dan saat anda salah dan kalah janganlah menyerah.

Dalam Kesalahan Dan Kekalahanpun Allah Tetap Bekerja
Setelah melarikan diri dari Mesir Musa mengalami kebingungan, tidak tahu apa yang harus dia lakukan, kemana harus pergi dan hanya bisa duduk-duduk dipinggir sumur. Simaklah,
  • Musa membantu anak-anak Rehuel. Dalam kondisi apapun tetaplah berusaha berbuat baik bagi orang lain.
  • Allah mengirim keluarga Rehuel untuk menolong Musa. Allah punya rencana besar atas hidup anda, oleh sebab itu Allah tidak akan membiarkan kesalahan dan kekalahan menenggelamkan anda, Ia pasti membri pertolongan.
  • Tidak seketika Musa menerima pertolongan Rehuel. Berhati-hatilah atas setiap pertolongan yang ditawarkan, karena setanpun bisa datang menyamar sebgai malaikat.
Pandanglah setiap kesalahan dan kekalahan bukan sebagai "batu sandungan" yang membuat anda terjatuh, tetapi pandanglah sebagai "batu loncatan" yang membuat anda dapat meloncat lebih tinggi.

Oleh : Pdt. Sukamal B. Fadelan

Comments

My Channel