Copy File Dengan Delphi

Setelah sekian lama tidak membuka blog ini. Ya sekedar ingin berbagi ilmu yang saya dapat dari orang lain dan dikembangin sendiri. Mungkin sudah banyak yang bisa membuat program copy file atau menghapus file dengan delphi. Di google jg sudah banyak yang sudah membuatnya. Kalau yang sudah saya dapat dari google penghapusan atau pengkopian file dengan cara dibrowse terlebih dahulu. Kali ini saya membuatnya dengan menggunakan PATH, dan saya juga menambahkannya dengan merename file tersebut secara otomatis.Berikut contoh tampilan aplikasi yang saya buat dengan sangat sederhana. Aplikasi yang saya buat ini sebelumnya menggunakan Delphi 7, tetapi saya mengembangkannya supaya bisa dijalankan dengan Delphi 2010. Berikut gambarnya :
 
Untuk edit text pertama adalah file apa yang akan kita copy.
Sedangkan untuk edit text yang ke-2 menunjukkan posisi file nantinya setelah kita copy.
Untuk edit text ke-3 sendiri digunakan untuk merename file tersebut secara otomatis.
Silahkan dikembangakan sendiri. Semoga bermanfaat.

Kalau program copynya tidak berjalan, tambahkan FileCtrl pada bagian uses.

Jika ingin mendownload contoh programnya bisa ambil disini
untuk sourcenya dapat anda download disini

Comments

  1. makasih tutornya..
    sangat membantu :D

    ReplyDelete
  2. mas tanya, kalau ngopinya dari kompi client ke server pakai LAN, atau sebalikny dari server di copi ke client bagaimana scripny ? misal di client IP 119.168.100.2 dg nama file C:\gambar.jpg, mau dikopi ke server IP 119.168.100.1 supaya bisa masuk di folder D:\Kiriman\gambar.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk folder kiriman di ip 192.168.100.1 harus dishare.

      jadi nanti untuk path to nya adalah : //192.168.100.1/kiriman/

      semoga bisa membantu

      Delete

Post a Comment

My Channel