Kirim Pesan Lewat Jaringan Dengan Aplikasi LAN Messenger Part I


Kadang sebagai IT kita butuh mengirim pesan kepada semua komputer yang ada di kantor kita. Selain bisa menggunakan command prompt, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi kirim pesan lewat jaringan local. Diantaranya ada vypress chat, LAN Messenger dan masih banyak lagi. Diantara semua aplikasi kirim pesan lewat jaringan yang pernah saya gunakan. Saya lebih memilih menggunakan LAN Messenger. Karena dengan LAN Messenger saya dapat mengirim pesan juga ke pada cabang-cabang pada kantor saya. Tampilan LAN Messenger seperti gambar disamping ini :

Untuk aplikasi LAN messenger bisa didownload dibawah ini :

Untuk mengirim pesan ke cabang yang sudah beda koneksi jaringan. Anda juga memerlukan aplikasi yang bisa merubah IP lokal menjadi IP publik. Salah satu diantaranya ada aplikasi Logmein. Anda bisa download aplikasi logmein disini.

Kirim Pesan Lewat Jaringan Dengan Aplikasi LAN Messenger Past II

Comments

  1. apa bedanya installer dengan portable bos.. maklum masih awam

    ReplyDelete
  2. apa bedanya installer dengan portable bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk perbedaan tidak begitu kelihatan, cuman untuk program installer biasanya lebih stabil dan jarang terjadi error saat program berjalan.

      Delete
    2. kalau saya pake portable sering error atau not responding. Untuk kirim file juga tidak bisa langsung di terima, sering calculating trus.

      Delete
    3. Baru menemukan lagi perbedaan yang menurut saya lumayan jelas, kalau portable hanya bisa 5 group chat.
      Tp kalau installer bisa lebih.

      Delete
  3. gan mo tny,,,klo lan massenger beda segmen ip tp msh 1 gedung,,, untuk pemisahnya pke mikrotik,,ada setingan lg g d lanny,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda segmen tetapi masih bisa ping g gan ?

      Kalau masih bisa.
      Seharusnya tidak ada settingan tambahan.

      Delete
  4. saya bisa ping dari IP 192.168.0.2 ke IP 192.168.4.2
    tapi kenapa di Lan MEssenger tidak bisa konek ya. harus di masukkan ke broadcast list di masing-masing Lan messenger. apa ada cara lain agar tidak memasukkan IP satu-satu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya lihat dari segmen ipnya. Walaupun sama satu class. Tetapi jika menggunakan subnet 255.255.255.0. Seharusnya ip 0.2 tidak bisa ping ke 4.2. Kecuali di komp ip 0.2 ditambah segmen ip 4.2. Tetapi kalau tanpa menambah ip di komp 0.2 sudah bisa ping ke 4.2. Ada kemungkinan di routernya yang ada settingan tersebut. Kalau memang settingannya berada di router, maka setiap lan messenger komp memang harus ditambahkan satu". Tetapi kalau yang disetting di kompnya. Seharusnya sudah langsung muncul user yang ad di segmen yang ditambahkan.
      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  5. Gan mau tanya saya pakai Lan yang Installer tpi kok tiap ngirim file calculatiing terus. kira" solusinya gimana?

    ReplyDelete
  6. gan mau tanya.. saya pakai lan messenger installer tpi setiap kirim file selalu calculating kira" solusinya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tutup dan buka lagi aplikasinya. Jika masih tidak bisa, coba untuk cek firewall atau network untuk komputer yang tidak bisa kirim file.

      Semoga bisa menjawab.

      Delete
  7. We need a terminal service support.
    Does this messenger support it?
    I installed Realpopup from Matro.it, could you review it?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Rebecca, i has install it (RealPopup LAN). When i check on setting, i think like as LAN Messenger. But i find in the application RealPopup, i get 30 days left. So until now, i'm recomended use LAN Messenger if you not need server chat.

      But if you want manage your user, group chat and other. You can use Spark messenger, it free and you can online with android or iphone.

      Best Regards

      Delete
    2. Gan mau tanya nih kalo mau chat dengan beda IP gmna?
      Contoh komp 1 IP 12.34.45.56 dengan IP 65.54.43.21

      Delete
    3. Itu beda IP dalam satu jaringan atau beda jaringan ?

      Delete
  8. Replies
    1. pastikan satu jaringan yang sama, terus coba matikan firewall setiap pc nya.

      Delete
  9. gan saya masih awan pake lan messenger,setelah saya install kok kontak tidak muncul ya,apakah harus di invite dlu atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seinget saya nanti muncul otomatis gan untuk komputer yg diinstall aplikasi lan messengernya, yang perlu diperhatikan segment ipnya harus sama.
      aplikasi lan messenger akan deteksi komputer mana saja yang pakai lan messenger.

      Delete
    2. atau bisa ikuti cara ini : https://indonesiamumet.blogspot.com/2013/12/kirim-pesan-lewat-jaringan-dengan.html

      Delete
  10. Saya mau tanya gen . Komputer di kantor saya sbelumnya bisa menerima file dan buka file yg di kirim . Tapi sekarang ada beberapa pc yg tidak bisa buka file yg di kirim . Filenya terkirim tapi tidak complte keternagan keterangan yg muncul ingrotn kalau di bahasa indonesiakna terganggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. cba cek firewall untuk beberapa computernya gan, karena kalau firewall aktif. Kadang ngeblock untuk pengiriman filenya, atau cek security di folder penerima. Pastikan ada akses user everyone.

      semoga bisa membantu.

      Delete
  11. cba cek firewall untuk beberapa computernya gan, karena kalau firewall aktif. Kadang ngeblock untuk pengiriman filenya, atau cek security di folder penerima. Pastikan ada akses user everyone.

    semoga bisa membantu.

    ReplyDelete

Post a Comment

My Channel