Friday, January 25, 2013

Kirim Pesan Lewat Jaringan Dengan Aplikasi LAN Messenger Part I


Kadang sebagai IT kita butuh mengirim pesan kepada semua komputer yang ada di kantor kita. Selain bisa menggunakan command prompt, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi kirim pesan lewat jaringan local. Diantaranya ada vypress chat, LAN Messenger dan masih banyak lagi. Diantara semua aplikasi kirim pesan lewat jaringan yang pernah saya gunakan. Saya lebih memilih menggunakan LAN Messenger. Karena dengan LAN Messenger saya dapat mengirim pesan juga ke pada cabang-cabang pada kantor saya. Tampilan LAN Messenger seperti gambar disamping ini :

Untuk aplikasi LAN messenger bisa didownload dibawah ini :

Untuk mengirim pesan ke cabang yang sudah beda koneksi jaringan. Anda juga memerlukan aplikasi yang bisa merubah IP lokal menjadi IP publik. Salah satu diantaranya ada aplikasi Logmein. Anda bisa download aplikasi logmein disini.

Kirim Pesan Lewat Jaringan Dengan Aplikasi LAN Messenger Past II

9 comments:

  1. apa bedanya installer dengan portable bos.. maklum masih awam

    ReplyDelete
  2. apa bedanya installer dengan portable bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk perbedaan tidak begitu kelihatan, cuman untuk program installer biasanya lebih stabil dan jarang terjadi error saat program berjalan.

      Delete
    2. kalau saya pake portable sering error atau not responding. Untuk kirim file juga tidak bisa langsung di terima, sering calculating trus.

      Delete
    3. Baru menemukan lagi perbedaan yang menurut saya lumayan jelas, kalau portable hanya bisa 5 group chat.
      Tp kalau installer bisa lebih.

      Delete
  3. gan mo tny,,,klo lan massenger beda segmen ip tp msh 1 gedung,,, untuk pemisahnya pke mikrotik,,ada setingan lg g d lanny,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda segmen tetapi masih bisa ping g gan ?

      Kalau masih bisa.
      Seharusnya tidak ada settingan tambahan.

      Delete
  4. saya bisa ping dari IP 192.168.0.2 ke IP 192.168.4.2
    tapi kenapa di Lan MEssenger tidak bisa konek ya. harus di masukkan ke broadcast list di masing-masing Lan messenger. apa ada cara lain agar tidak memasukkan IP satu-satu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya lihat dari segmen ipnya. Walaupun sama satu class. Tetapi jika menggunakan subnet 255.255.255.0. Seharusnya ip 0.2 tidak bisa ping ke 4.2. Kecuali di komp ip 0.2 ditambah segmen ip 4.2. Tetapi kalau tanpa menambah ip di komp 0.2 sudah bisa ping ke 4.2. Ada kemungkinan di routernya yang ada settingan tersebut. Kalau memang settingannya berada di router, maka setiap lan messenger komp memang harus ditambahkan satu". Tetapi kalau yang disetting di kompnya. Seharusnya sudah langsung muncul user yang ad di segmen yang ditambahkan.
      Semoga bisa menjawab.

      Delete